Virus Flu Burung, Disnakeswan Lotim Mulai Gencarkan Langkah Antisipasi

0

Selong (Suara NTB) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lombok Timur (Lotim) mengantisipasi penyebaran virus flu burung di daerah itu. Pada hari Kamis, 9 Maret 2023, petugas medis peternakan dari Disnakeswan Lotim menggencarkan kembali kegiatan Posyandu Unggas di wilayah Desa Bagik Payung Kecamatan Suralaga.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Disnakeswan Lotim, drh Hultatang menerangkan dalam posyandu unggas ini, petugas melihat langsung kondisi unggas kelompok ternak dan membagikan cairan desinfektan dan masker ke para peternak.

Selain itu, petugas juga memberikan edukasi ke para peternak bagaimana melakukan langkah antisipasi penyebaran virus flu burung, sehingga tidak mewabah. “Kita harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, jaga imun dan jangan cepat stress,” ungkap Hultatang.

Masyarakat peternak diberikan cairan desinfektan dan masker. Diminta setiap berinteraksi dengan ternak peternak dapat menggunakan masker dan menyemprotkan cairan desinfektan di kandangnya masing-masing.

 Pemerintah pusat maupun provinsi telah mengirimkan surat imbauan ke masing-masing daerah terkait langkah antisipasi penyebaran virus flu burung. “Kegiatan kita ini berupa posyandu pada unggas. Kita berikan masker, desinfektan untuk menjaga kebersihan ternak unggas mereka,” ujarnya.

Posyandu unggas ini akan terus dilaksanakan hingga beberapa hari ke depan, memberikan edukasi ke para peternak untuk mencegah penyebaran virus flu burung. (rus)