Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Gelar Sosialisasi dan Mentoring ke Dompu

0
Kegiatan sosialisasi dan mentoring yang dilakukan Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Provinsi NTB di Kabupaten Dompu, Selasa, 7 Maret 2023. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) –  Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Provinsi NTB mengadakan sosialisasi dan mentoring  ke Kabupaten Dompu, Selasa, 7 Maret 2023.  Sosialisasi dipusatkan di Perpustakaan Kabupaten Dompu dan dihadiri   unsur pimpinan, pustakawan dan PIC Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).  Hadir juga  kepala desa (kades), sekretaris desa dan pengelola perpustakaan calon mitra penerima manfaat program TPBIS.

Narasumber dari Tim Sinergi Transformasi Perpustakaan Provinsi NTB, Hermin Riu, S.Sos., menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini menekankan pada komitmen yang kuat dari kades bersama personelnya untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Selain itu, perpustakaan harus memfasilitasi seluruh lapisan  masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Tidak hanya itu, tambahnya, pengelola perpustakaan mitra  diberikan pelatihan dalam rangka memaksimalkan layanan koleksi maupun  layanan internet serta advokasi ke stakeholder terkait. Terutama dalam mendukung program TPBIS yang ada di masing-masing perpustakaan desa mitra penerima manfaat.

Diakuinya, antusias peserta khususnya para kades dan personelnya cukup antusias dan semangat ketika mengikuti sosialisasi. Mereka juga berharap mendapatkan bimbingan dari pemerintah yang lebih tinggi memperhatikan perkembangan perpustakaan yang ada di desanya.

Selain itu, kades dan personelnya siap menjadi bagian dari mitra penerima manfaat TPBIS tahun  2022 ini. sebagai bentuk keseriusannya, kades yang hadir  langsung menandatangani  lembar komitmen untuk betul-betul mengimplementasikan  program TPBIS ini pada perpustakaan desanya.

Adapun, kades dan sekretaris desa serta pengelola perpustakaan desa yang hadir, berasal dari Perpustakaan Desa Sori Sakolo Kecamatan Dompu, Perpustakaan Desa Wawonduru Kecamatan Woja,  Perpustakaan Desa Bakajaya Kecamatan Woja, Perpustakaan Desa Bara Kecamatan Woja,  Perpustakaan Desa Tembalae Kecamatan Pajo dan Perpustakaan Desa Pajo Kecamatan Pajo.

 Setelah Sosialisasi Tim langsung mentoring ke perpustakaan desa tersebut, luar biasa antusias dan komitmen  para Kades menyambut Program TPBIS dan menitipkan pesan agar ke 6 Perpustakaan Desa ini dapat Penekanan Tim dalam Sosialisasi:

Hal senada disampaikan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB H. Muhammad Nor, S.Sos., berharap akan semakin banyak perpustakaan desa di NTB bisa menerapkan TPBIS ini, sehingga kehidupan masyarakat bisa semakin berubah. Apalagi dengan penerapan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini lebih banyak menyajikan buku-buku yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. (ham)