MotoGP 2023, 80 Persen Hotel di Kawasan The Mandalika Sudah Dipesan

0

Praya (Suara NTB) – Ketua Mandalika Hotel Association (MHA), Samsul Bahri, mengatakan gelaran MotoGP Indonesia 2023 akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Oktober 2023 mendatang. Namun untuk pemesanan hotel saat ini sudah banyak yang masuk. Khususnya lagi untuk hotel-hotel di kawasan The Mandalika. Mulai dari hotel bintang dua ke atas. Bahkan, ada hotel yang saat ini masih proses pembangunan sudah dipesan.

‘’Kebanyakan yang sudah pesan kamar hotel tim pembalap. Ada juga yang dari luar tim,’’ terangnya. Di mana khusus untuk di kawasan The Mandalika dan sekitarnya, ada sekitar 2.500 kamar hotel yang tersedia. Sekitar 80 persen diantaranya sudah dipesan untuk ajang MotoGP.

Tidak hanya memesan saja, rata-rata sudah ada yang menyerahkan uang muka sebagai tanda jadi. Hingga ada juga sudah membayar sewa secara penuh. “Sisa kamar yang masih tersedia, oleh teman-teman pengelola hotel ada ditahan dulu kalau ada pesanan perseorangan. Karena kita prioritaskan pesanan grup, untuk memudahkan pelayanan hotel nantinya,” imbuh Samsul.

Hal senada juga disampaikan Marti, Marketing Novotel Lombok Resort & Villas Kuta. Di mana khusus di Novotel Kuta sendiri saat ini booking kamar sudah penuh selama ajang MotoGP bulan Oktober mendatang. Terbanyak yang sudah memesan dari tim pembalap. Karena kalau dari tim pembalap rata-raya sudah sejak awal memesan kamar. Bahkan begitu jadwal balapan keluar.

Sementara itu, gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sportbike perdana bertajuk Mandalika Racing Series 2023 sukses digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, akhir pekan kemarin. Bersamaan dengan gelaran balap dunia World Superbike (WSBK). Masih menyisakan dua seri balapan lagi, Mandalika Racing Series sendiri direncanakan bakal kembali digelar pada bulan Juli dan Oktober 2023 mendatang.

Jika pada seri perdana kemarin hanya mempertandingkan kelas 250cc saja, maka pada dua seri berikutnya bakal mempertandingkan tiga kelas sekaligus. “Kenapa hanya satu kelas saja yang dipertandingkan pada ajang WSBK kemarin, karena untuk mengisi slot waktu yang sebelumnya diisi balapa Idemitsu Asian Talent Cup (IATC),” sebut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Priandhi Satria, Senin (6/3) kemarin.

Pada gelaran Mandalika Racing Series perdana setelah vakum selama 4 tahun lamanya, keluar sebagai juara Rheza Danica Ahrenz, pembalap dari Astra Honda Racing Team (AHRT). “Mandalika Racing Series 250cc dihadirkan sebagai supporting class pada event WSBK Mandalika 2023 kemarin. Tapi pada dasarnya, Mandalika Racing Series merupakan kejurnas balap motor sportbike untuk kelas 150cc, 250cc dan 600cc,” terangnya.

Usai menggelar event WSBK, sirkuit internasional Mandalika masih akan menjadi tuan rumah sejumlah ajang balap dunia. Termasuk  Asia Road Racing Championship (ARRC) dan puncaknya di bulan Oktober, MotoGP Indonesia 2023. Pihak MGPA pun menegaskan kesiapan sirkuit internasional Mandalika menjadi tuan rumah ajang balap dunia tersebut. (kir)