SPKLU di Mandalika Diresmikan Bersamaan dengan Gelaran WSBK 2023

0

Praya (Ekbis NTB)-Di tengah digelarnya ajang balap internasional World Superbike (WSBK) 2023, PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan ITDC meresmikan pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Mandalika, Lombok. Sinergi kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dilakukan untuk mengakselerasi percepatan program transisi energi di provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka yang juga hadir dalam acara peresmian SPKLU tersebut menjelaskan ITDC  mendukung langkah PLN dalam menyukseskan program transisi energi. Dengan transisi energi ini,  Troy meyakini dapat membantu menjaga bumi agar tetap bersih, sehat dan nyaman untuk generasi di masa depan.

Selain itu, ITDC juga berkomitmen untuk mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik lewat penyediaan SPKLU. Menurut Troy, penggunaan kendaraan listrik bisa mengurangi emisi karbon dan mampu menjaga udara menjadi lebih bersih.

“Kami akan memaksimalkan sumber daya yang kami miliki untuk terus mengedukasi masyarakat agar dapat beralih ke transportasi yang ramah lingkungan,” ungkap Troy.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT PLN (Persero), Sinthya Roesly menyatakan pembangunan SPKLU ini merupakan wujud nyata PLN mendukung penuh transformasi energi dan langkah penting untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi.
Salah satu cara yang dilakukan juga untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi adalah penggunaan kendaraan listrik.
Atas dasar itu, PLN mendorong peralihan kendaraan BBM ke listrik dengan membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri.

“PLN akan terus mendukung keberadaan dari Green Tourism dan Electric Vehicle Insfrastruktur merupakan salah satu breakthrough inisiatif di PLN yang telah kita canangkan di tahun 2023 ini,” ujar Sinthya.

Sinthya menambahkan bahwa PLN telah memiliki roadmap untuk beralih ke energi hijau demi mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060 dengan terus memperbanyak pembangkit energi baru terbarukan (EBT) secara bertahap.

“Terima kasih rekan-rekan dari ITDC, kita bisa bersinergi dan bekerja sama sehingga SPKLU yang kedelapan ini bisa kita bangun di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,” tuturnya.

Untuk diketahui, SPKLU Mandalika yang diresmikan hari ini menjadikan SPKLU ke 8 sebagai pendukung ekosistem kendaraan listrik.
Adapun tujuh lokasi SPKLU yang lain berada di Kantor Gubernur NTB, kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB,
kantor PLN UIW NTB, kantor PLN ULP Selong, SMKN 3 Mataram, MVP Grand Natura, dan Hotel Santika Mataram. PLN juga telah merencanakan untuk menambah SPKLU di beberapa lokasi di tahun 2023 ini seperti di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Kantor PLN UP3 Sumbawa, Kantor PLN
UP3 Bima dan beberapa lokasi strategis yang tersebar di provinsi NTB.(bul)