Unizar Jalin Kolaborasi dengan UMBY

0

Mataram (Suara NTB) –  Dalam rangka meningkatkan hubungan kelembagaan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, civitas Universitas Islam Al-Ahzar (Unizar) menjalin kerja sama dengan civitas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), pada Rabu, 15 Februari 2023. Acara ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu, Bantul.

Kedatangan tim dari Unizar dipimpin langsung oleh Rektor, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P., dan disambut hangat Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UMBY, Dr. H. Hasim As’ari, S.E, M.M., beserta jajarannya.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara FE Unizar dan FE UMBY ditandatangani oleh Dekan FE Unizar, Muhammad Sayuti, SE, M.M., dan Wakil Dekan FE UMBY, Dr. H. Hasim As’ari, S.E, M.M. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan IA (Implementation Agreement) oleh Kaprodi Akuntansi FE Unizar, Dr. Triana Lidona Apriliani, S.T, M.Ak., dengan Kaprodi Akuntasi FE UMBY, Dr. Rochmat Bayu Utomo, S.E, M.Si., AK., CA., CTT., CPTT.

Kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka terbentuknya Aliansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Swasta Indonesia yang terbentuk atas keresahan bersama. Aliansi FEB Swasta Indonesia ini diharapkan bisa berperan sebagai wadah baru dalam rangka menghadapi berbagai macam perubahan di perguruan tinggi swasta.

“Semoga dengan kerjasama ini dapat saling berkolaborasi, bersinergi dan solutif untuk menghadapi persoalan yang kita hadapi bersama. Harapannya sinergitas ini bisa membuat kita maju bersama di daerah masing-masing,” ungkap Wakil Dekan FE UMBY dalam sambutannya.

Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terwujudnya kerjasama antara Unizar dan UMBY.

“Kami berharap dengan kunjungan ini kita dapat saling bertukar pikiran dan kiat-kiat, terutama dalam hal mempersiapkan akreditasi LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, red) dan menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kami juga berharap dengan adanya Aliansi FEB Swasta Indonesia mudah-mudahan bisa menjadi ajang teman-teman FE berdiskusi dan menimba pengetahuan baru,” tutur Dr. Ansyar.

Dekan FE Unizar, Muhammad Sayuti, S.E, M.M., dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar dapat segera menyusul UMBY dalam mendapatkan akreditasi terbaik untuk prodi FE Unizar.

 “Tujuan kedatangan kami ke sini ingin menggali informasi tentang kiat-kiat yang diterapkan UMBY, sehingga hampir semua program studinya terakreditasi A (Unggul, red), agar Unizar bisa meraih akreditasi terbaik dalam 5 tahun ke depan,” ungkap Muhammad Sayuti. (ron)