Siswa SMAN 1 Gerung Gelar Praktik Manasik Haji

0

Mataram (Suara NTB) –  Siswa SMA Negeri (SMAN) 1 Gerung, Lombok Barat (Lobar) mengikuti praktik manasik haji dan memperdalam niat haji sebagai bagian dari kegiatan pembinaan akademik dan karakter pada Sabtu, 18 Februari 2023 dan Minggu, 19 Februari 2023.

Kepala SMAN 1 Gerung, H. Ismail, M.Pd., mengatakan kegiatan praktik manasik haji dan niat haji tersebut merupakan bagian dari program pembinaan karakter yang dilakukan oleh sekolah. Melalui kegiatan ini, para peserta didik diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta memperkuat ikatan mereka dengan agama.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para peserta didik untuk lebih memahami pentingnya niat haji dan memperdalam pemahaman mereka tentang ibadah haji,” ujar Ismail.

Praktik manasik haji sebagai agenda tahunan di SMAN 1 Gerung. Walaupun hari libur para peserta didik tetap antusias untuk mengikutinya.

Selama pelaksanaan kegiatan praktik manasik haji, para peserta didik diajarkan tentang rukun haji, tata cara shalat, dan doa-doa yang biasa dibaca saat melakukan ibadah haji. Mereka juga berlatih memakai pakaian ihram dan melakukan tawaf di Ka’bah.

Salah satu siswi, Mutia, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. “Saya merasa sangat bersyukur bisa ikut kegiatan ini. Saya belajar banyak tentang niat haji dan bagaimana cara melakukan ibadah haji dengan benar,” katanya.

Guru Agama Islam SMAN 1 Gerung, Hj. Kamari mengatakan, kegiatan praktik manasik haji dan niat haji di SMAN 1 Gerung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang agama, serta menguatkan iman dan karakter mereka sebagai generasi muda yang beriman dan bertakwa.

“Juga berniat mudah-mudahan di waktu akan datang semua peserta didik yang mengikuti kegiatan ini mampu atau dimampukan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah kelak,” harapnya. (ron)