Turunkan Harga dan Tekan Inflasi, Bulog Bima Sebar 926 Ton Beras ke Tiga Daerah

Kota Bima (Suara NTB) – Perum Bulog Bima sudah mengeluarkan sebanyak 926 ton beras dari gudang untuk disebarkan ke tiga wilayah kerja, yakni Kota Bima, Kabupaten Dompu dan Bima.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Perum Bulog Bima untuk meredam gejolak harga beras yang mengalami kenaikan sejak awal tahun 2023. Selain itu, juga menekan laju inflasi akibat naiknya harga beras.

Kepala Perum Bulog Bima, Wilya Fatayani mengatakan sejak Bulan Januari 2023, telah mengedarkan sebanyak 926 ton beras ke tiga wilayah kerja. Ratusan ton beras itu, merupakan stok atau persediaan yang disimpan di gudang.

“Sejak awal tahun sampai sekarang ada 926 ton yang diedarkan. Beras ini dibeli dari para petani yang di simpan di gudang,” katanya kepada Suara NTB, Rabu, 15 Februari 2023.

Ia mengaku peredaran beras tersebut merupakan program stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) yang bertujuan menurunkan harga. Sebab saat ini, harga di pasaran berkisar antara Rp13.000 sampai dengan Rp15.000 per kilogram.

“Harga eceran tertinggi (HET) beras yang dipasok Bulog sebesar Rp9.450 per kilogram Sedangkan harga tebus di depan pintu Gudang Bulog, Rp8.300 per kilogram,” ujarnya.

Selain stabilisasi harga, beras yang dikeluarkan dari gudang tersebut juga di jual dalam Operasi Pasar. Saat ini, Bulog bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan OP beras pada sejumlah titik di wilayah Kota Bima. “Untuk menekan laju inflasi. OP bersama TPID terus kita lakukan,” katanya.

Wilya optimis upaya yang dilakukan tersebut akan membuahkan hasil, seperti mampu menstabilkan harga beras hingga menekan laju inflasi. Saat ini, beras jenis medium hingga premium Bulog menjadi andalan masyarakat, karena harganya relatif murah dan terjangkau.

“Masyarakat sangat antusias membeli beras Bulog saat OP yang kita gelar di pasar Amahami tadi,” pungkasnya. (uki)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Buku Servis Motor Honda Hilang, KPB Digital Solusinya

0
Bima (Suara NTB)-Zaman sudah mulai digital. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan otomotif roda dua yaitu sepeda motor Honda untuk bertransmigrasi dalam mempermudah konsumen, kini...

Latest Posts

Buku Servis Motor Honda Hilang, KPB Digital Solusinya

Bima (Suara NTB)-Zaman sudah mulai digital. Hal ini dimanfaatkan...

Gelar Pelatihan, Rumah BUMN PLN Dorong UMKM di Sumbawa Naik Kelas

Sumbawa (Suara NTB)-PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa...

PLN Dorong Perkembangan Bisnis Tekstil dan Jasa Binatu di Mataram

Mataram (Suara NTB)-PLN Unit Induk Wilayah NTB terus menunjukkan...

Honda CB650R Semakin Gagah dengan Nuansa Baru

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) menyuguhkan warna...