Dikirim dari Spanyol, Logistik WSBK Tiba di Sirkuit Mandalika

0

Praya (Suara NTB) – Sejumlah logistik pendukung event World Superbike (WSBK) Mandalika sudah mulai berdatangan ke Sirkuit Internasional Mandalika, sejak Sabtu, 11 Februari 2023. Logistik berupa ban, spare park dan beberapa pendukung lainnya tersebut dikirim langsung dari Barcelona, Spanyol melalui jalur laut menggunakan tiga kontainer penuh.

“Logistik yang datang hari ini (Sabtu kemarin,red) berasal dari Barcelona. Dibawa menggunakan truk kontainer melalui jalur laut,” terang Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria.

Menurutnya, proses pengiriman logistik tersebut sudah diurus pihak PT. AP Logistik (APlog) selaku mitra MGPA dalam urusan penanganan logistik WSBK. Sejak mulai masuk di Pelabuhan Lembar Lombok Barat (Lobar) hingga tiba di Sirkuit Internasional Mandalika. Termasuk seluruh dokumen pendukung juga sudah diisi lengkap oleh pihak APlog.

“Ini untuk pertama kalinya urusan logistik WSBK ditangani oleh APlog. Dan, nyatanya mereka dengan apik, mengawal kedatangan Logistik WSBK mulai dari pelabuhan Lembar menuju sirkuit internasional Mandalika,” jelasnya.

Saat ini logistik tersebut masih dalam keadaan tertutup dan tersegel, karena memang untuk proses pemeriksaan lebih lanjut harus melibatkan pihak bea cukai. Sehingga detail logistik WSBK yang telah tiba tersebut belum diketahui secara rinci.

“Nantinya pihak Bea Cukai dan Sekdenas (Sekretaris Dewan Nasional KEK) yang akan melakukan pemeriksaan barang yang masuk ini. Jadi sebelum itu kita belum tahu betul apa isinya,” ujarnya. Walaupun catatannya ada, tetapi tetap harus melalui proses pemeriksaan bersama pihak terkait.

Sebelumnya, Direktur Utama PT. APLog, Danny P. Thaharsyah, mengatakan kalau logistik WSBK akan dikirim melalui jalur hingga udara. Di mana untuk jalur udara sendiri, logistik baru akan dikirim pada 28 Febuari mendatang dengan total berat logistik diperkiraan mencapai 120 ton. Sementara dari jalur laut, masih harus menunggu proses pemeriksaan oleh Bea Cukai.

“Dari jalur laut, ada sekitar enam kontainer logistik yang akan dikirim ke Sirkuit Internasional Mandalika.  Sedangkan dari jalur udara, berat total logistik sekiitar 120 ton. Dikirim setelah seri perdana WSBK Philip Island Australia digelar akhir bulan Maret 2023 mendatang,” tandas Danny. (kir)