Shuttle Bus Gratis Disiapkan Untuk Penonton WSBK

0

SHUTTLE bus gratis bagi penonton balapan World Superbike (WSBK) Mandalika tahun ini tetap akan disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) NTB, di tiga pintu masuk utama Pulau Lombok, mulai dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Lembar serta Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat (Lobar).

Demikian ditegaskan Kepala Dishub NTB, H. L. Moh. Faozal, S.Sos., M.Si., di Praya, Rabu, 8 Februari 2023. Penyiapan shuttle bus gratis tersebut untuk memfasilitas dan memudahkan para penonton WSBK, terutama yang dari luar Pulau Lombok untuk bisa mengakses ke Sirkuit Internasional Mandalika. Hanya saja, berapa armada yang disiapkan hingga kini masih belum ditentukan.

“Kalau soal berapa armada yang kita siapkan, masih menunggu hasil penjualan tiket oleh pihak Xplorin. Jika penontonnya banyak, tentu jumlah armada akan kita perbanyak,” terang Faozal.

Selain penyiapan shuttle bus, pihaknya saat ini juga tengah fokus menata kembali manajemen dan arus lalu lintas dari dan menuju Sirkuit Internasional Mandalika. Hal itu, untuk memastikan lalu lintas kendaaan serta penonton bisa berjalan lancar selama event berlangsung. Jangan sampai, persoalan lalu lintas kembali jadi keluhan para penonton di ajang WSBK tahun ini.

Termasuk soal penataan parkir di area sirkuit, itu juga menjadi perhatian supaya manajemen parkir bisa lebih baik. Terutama terkait keamanan dan kenyamanan kendaraan, sehingga para penonton juga bisa merasa aman dan nyaman ketika memarkir kendaraannya.  “Ini juga berkaitan dengan biaya-biaya yang ada. Jangan kemudian biaya parkir saja yang tinggi, namun aspek keamanan kurang diperhatikan,” tandasnya.

Terlebih, WSBK merupakan event internasional. Jadi pengelolaan event utama hingga event pendukung lainnya harus benar-benar maksimal. Karena ini juga berkaitan dengan nama baik negara. Tidak hanya soal nama baik penyelenggara event saja.

Untuk area parkir sendiri, saat ini sudah cukup memadai. Dengan lokasi parkir tersebar di 9 titik. Baik itu di wilayah timur sirkuit maupun barat sirkuit. Artinya, bagi para penonton yang membawa kendaraan sendiri tidak perlu khawatir kehabisan tempat parker, karena area parkir yang disiapkan cukup banyak.

Dan, rata-rata lokasinya berdekatan dengan sirkuit internasional Mandalika, sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki oleh para penonton. “Lokasi parkir yang paling jauh itu disebelah barat yakni di Masjid Nurul Bilad. Kalau yang lain, hampir semuanya dekat dengan sirkuit,” pungkas Faozal. (kir)