Pesona Kawasan The Mandalika Ditampilkan di ASEAN Tourism Forum 2023

0

Praya (Suara NTB) – Gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung di Jogja Expo Centre, Yogyakarta, 2-5 Februari lalu, dimanfaatkan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk mempromosikan kawasan The Mandalika. Dengan menampilkan berbagai potensi wisata yang dimiliki kawasan wisata andalan nasional tersebut. Dengan begitu, diharapkan mampu menarik minat investor untuk berinvestasi di kawasan The Mandalika.

ATF sendiri merupakan event pariwisata tahunan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Event ini menjadi ajang mempromosikan wilayah ASEAN sebagai satu tujuan wisata di dunia. Di mana tahun ini ATF mengusung tema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”. Diikuti lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari 25 negara. Termasuk Organisasi Pariwisata Nasional (National Tourism Organization/NTO), para menteri dan pejabat pariwisata, peserta pameran, buyers internasional, hingga juga trade visitors dalam industri pariwisata.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis ITDC, Ema Widiastuti, ATF sendiri merupakan forum yang sangat strategis, khususnya bagi ITDC. Sebagai ajang untuk menampilkan berbagai produk dan konsep pengembangan kawasan pariwisata berkelanjutan. Selain kawasan The Mandalika, kawasan The Nusa Dua Bali, hingga kawasan Golo Mori Labuan Bajo, NTT.

“Dengan keikutsertaan ITDC dalam ajang travel exchange yang dihadiri 2.000 seller dan 500 buyer ini, kawasan pariwisata yang dikelola ITDC bisa dapat semakin dikenal. Dan, bisa menjadi salah satu primadona tujuan bisnis dan wisata di Indonesia, ASEAN bahkan dunia, yang tentunya akan sangat mendukung kebangkitan pariwisata nasional,” terangnya.

Ema menjelaskan, Kawasan The Mandalika  menjadi salah satu destinasi yang saat ini tengah dikembangkan oleh ITDC. Sebagai Sport Tourism Destination kawasan The Mandalika menawarkan berbagai dengan destinasi serta atraksi unggulan. Dengan sirkuit internasional Mandalika sebagai ikon utamanya.  Sebagai lokasi penyelenggaraan event balap internasional World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Dimana tahun 2023 ini, sirkuit internasional Mandalika bakal kembali menggelar event WSBK pada 3-5 Maret 2023 dan MotoGP pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. “Keberadaan event-event dunia tersebut telah mampu menjadi daya tarik baru bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke daerah ini,” tegasnya.

Lebih lajut Ema menambahkan, selama ajang ATF 2023 kali pihaknya telah menggelar pertemuan dengan sejumlah buyers. Mulai dari travel agent, asosiasi, hotel serta stakeholder pariwisata untuk memasarkan produk dan jasa unit usaha yang dikelola ITDC. Harapanya, berbagai produk serta aset yang dimiliki, khususnya yang terkait dalam pengembangan dan pemasaran paket-paket wisata berkelanjutan, dapat semakin dikenal oleh pasar nasional maupun pasar internasional. (kir)