Penambahan Pelanggan PDAM Praya Stagnan, SPAM Cerorong Danau Biru Jadi Solusi

0
Danau Biru Desa Karang Sidemen direncanakan akan menjadi sumber air baku untuk SPAM Cerorong Danau Biru yang pembangunannya telah diusulkan Pemkab Loteng ke pemerintah pusat.(Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sejak beberapa tahun terakhir, penambahan jumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Praya, terkesan stagnan. Imbas dari kebijakan moratorium penerimaan pelanggan baru yang dikeluarkan oleh PDAM Praya. Dampak dari kian menyusutnya debit air baku yang dikelola PDAM Praya. Di mana hingga saat ini cakupan pelayanan air bersih PDAM Praya baru sekitar 30 persen atau 55 ribu pelanggan.

Sehingga untuk bisa meningkatkan jumlah pelanggan PDAM Praya, jumlah debit air baku yang dikelola harus ditambah. “Salah satu solusi yang tengah kita upayakan untuk itu ialah dengan membangun Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Cerorong Danau Biru,” sebut Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., kepada Suara NTB, Jumat, 3 Februari 2023.

Rencana pembangunan SPAM Cerorong Danau Biru sendiri pun sudah diusulkan ke pemerintah pusat. Sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk pengusulan pembangunan SPAM tersebut juga sudah disampaikan. Tinggal beberapa persyaratan lagi, sampai semua dinyatakan lengkap.

“Dan, nyatakan pemerintah pusat sangat mendukung rencana pembangunan SPAM Cerorong Danau Biru ini,” aku Ketua DPD Partai Gerindra NTB ini.

Dari SPAM Cerorong Danau Biru ini diharapkan bisa menambah suplai air baku bagi PDAM Praya sebesar 200 liter perdetik. Dengan target penambahan pelanggan hingga 15 ribu pelanggan. Yang secara otomatis menambah luasan cakupan layanan air bersih PDAM Praya di wilayah ini.

Masuknya suplai air dari SPAM Cerorong Danau Biru tersebut juga bisa membantu PDAM Praya meningkatkan kualitas layanan air bersih di daerah lainya. Karena nantinya air dari SPAM Cerorong Dana Biru akan diarahkan khusus untuk pelanggan dan masyarakat di empat kecamatan. Masing-masing kecamatan Pringgarat, Jonggat, Praya Barat serta Praya Barat Daya.

Sementara sumber yang sudah ada bisa dioptimalkan untuk pelanggan di wilayah lainya. “Seperti apa proses pembangunanya nanti, kita menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian PUPR. Yang jelas usulan sudah masuk dan beberapa persyaratan yang belum lengkap, segera akan kita lengkapi,” tandasnya.

Yang jelas, tegas mantan Wakil Ketua DPRD Loteng ini, Pemkab Loteng akan berupaya maksimal untuk bagaimana bisa mewujudkan pembangunan SPAM Cerorong Danau Biru. Karena ini salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menambah layanan air bersih sekaligus membantu peningkatan kualitas pelayanan PDAM Praya kedepannya. (kir)