Kepala Sekolah di Kota Mataram Diingatkan Tidak Tersandung Kasus Hukum

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram telah mengisi kekosongan jabatan kepala SD dan SMP di Kota Mataram melalui pelantikan kepala sekolah pada Rabu, 1 Februari 2023. Sebanyak 49 kepala sekolah dilantik dalam kesempatan itu untuk mengisi kekosongan maupun mutasi dan rotasi.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram mengingatkan kepada kepala sekolah agar tidak tersandung kasus hukum.

“Kepala sekolah harus menjaga pengelolaan keuangan, jangan sampai tersandung kasus hukum, karena sekarang kita berkoordinasi dengan Inspektorat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf ditemui di Mataram, Kamis, 2 Februari 2022.

Dalam pelantikan ini, Disdik juga mengangkat kepala sekolah dari unsur guru penggerak. Pihaknya berharap dengan kombinasi guru penggerak dan alumni LP2KS Solo bisa terjadi perubahan besar dalam kepemimpinan sekolah di Mataram.

Yusuf juga menyarankan kepada guru penggerak untuk banyak belajar dan berkomunikasi dengan para kepala sekolah lainnya. “Kita berharap besar, karena guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran di kelas, kita berharap juga sebagai pemimpin pembelajaran di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Dari 49 kepala sekolah dilantik, enam kepala sekolah dari jenjang SMP dan 43 di jenjang SD.

Sebelumnya sebanyak 21 jabatan kepala sekolah SD dan SMP negeri di Kota Mataram kosong. Dengan rincian dua jabatan Kepala SMP dan 19 jabatan Kepala SD kosong sampai dengan awal Januari 2023 lalu.

Stok calon kepala sekolah di Mataram minim, karena itu pihaknya mengambil opsi mengangkat kepala sekolah dari guru yang tidak memiliki sertifikat calon kepala sekolah atau sertifikat guru penggerak. Pilihan itu sesuai dengan pasal 4 Permendikbud nomor 40 tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Nanti setelah ada guru penggerak, kepala sekolah dari unsur guru yang tidak memiliki sertifikat itu akan diganti oleh guru penggerak,” ujar Yusuf dalam kesempatan sebelumnya. (ron)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Kapal Terbakar di Perairan Ampenan Mengangkut 5.900 Kiloliter Pertalite

0
Mataram (Suara NTB) - Sebuah kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) membawa 5.900 Kiloliter (KL) Pertalite terbakar di perairan Pantai Ampenan, Minggu, 26 Maret...

Latest Posts

Kapal Terbakar di Perairan Ampenan Mengangkut 5.900 Kiloliter Pertalite

Mataram (Suara NTB) - Sebuah kapal pengangkut Bahan Bakar...

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Perairan Ampenan

Mataram (Suara NTB) - Sebuah kapal pengangkut Bahan Bakar...

Waspada! Modus Penipuan WhatsApp Mengatasnamakan Penjabat Pemprov NTB

Mataram (Suara NTB) - Penipuan pada media WhatsApp semakin...

Warga Pringgabaya Utara Temukan Mayat Bayi di Pinggir Pantai

Selong (Suara NTB) - Warga Dusun Segara, Desa Pringgabaya...