100 KK di Ntobo Kota Bima Belum Tersentuh Jaringan Internet

0

Kota Bima (Suara NTB) – Kurang lebih sebanyak 100 kepala keluarga (KK) di Lingkungan Ndano Na’e Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima hingga kini belum tersentuh atau menikmati akses jaringan internet.

Lurah Ntobo Kecamatan Raba, Aswin S.Sos mengaku, sebagian warganya terutama yang bermukim di Lingkungan Ndano Na’e, sudah lama menginginkan dan mendambakan jaringan internet bisa diakses sepuasnya.

“Ada kurang lebih 100 KK di Lingkungan Ndano Na’e yang saat ini belum tersentuh jaringan internet,” katanya kepada Suara NTB, Kamis 2 Februari 2023.

Agar bisa mengakses layanan atau jaringan internet, Ia mengaku warga setempat terpaksa harus bergeser dan pindah ke wilayah lain atau kampung tetangga. Ada ada juga sebagian yang harus naik ke gunung-gunung demi mendapatkan jaringan.

“Selain warga, para siswa yang mengikuti ujian online juga harus naik gunung untuk bisa mengakses jaringan internet,” katanya.

Aswin mengaku, penyebab atau faktor warga tidak bisa mengakses layanan internet, karena kondisi geografis. Pasalnya letak Lingkungan Ndano Na’e berada di bawah perbukitan dengan dikelilingi gunung.

“Kondisi geografis kampung berada di bawah bukit dan dihalangi gunung-gunung,” katanya.

Dalam menyelesaikan persoalan itu, Ia mengaku sudah mendapat perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Pasalnya pada tahun 2023, akan mulai dipasang WiFi gratis yang di pusatkan di rumah para Ketua RW.

“Pada saat Musrembang tingkat Kelurahan kemarin juga sudah diusulkan. Kita harapkan tahun 2023 ini, bisa diprioritaskan,” pungkasnya. (uki)