Selesaikan Persoalan Lahan KEK Mandalika, Warga Apresiasi Langkah Gubernur NTB

0

Praya (Suara NTB) – Warga lingkar Kawasan The Mandalika memberikan apresiasi atas langkah yang dilakukan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkiefliemansyah dalam menyelesaikan persoalan lahan di kawasan The Mandalika. Masyarakat berharap banyak kepada orang nomor 1 di NTB tersebut, bisa menuntaskan persoalan lahan yang sudah puluhan tahun tidak kunjung tuntas. Warga pun akan terus mengawal upaya pemerintah provinsi dalam menuntaskan persoalan lahan kawasa The Mandalika tersebut.

‘’Kami apresiasi langkah dan janji Gubernur NTB, soal penyelesaian sengkarut lahan kawasan The Mandalika.  Sebagai bentuk tanggungjawab seorang pemimpin daerah sekaligus Dewan Pengawas KEK Mandalika,” ujar juru bicara Pejuang Tanah The Mandalika, M. Samsul Qomar, Rabu, 1 Februari 2023.

Menurutnya, warga sangat menantikan proses sanding data dengan ITDC bisa terwujud. Terlebih pemerintah provinsi tengah mengupayakan proses sanding data bisa terlaksana pekan depan. Jika memang diperlukan bantuan, warga pun siap menjemput bola bersama tim fasilitasi yang ada, untuk mempermudah dan memperlancar terlaksananya proses sanding data dengan ITDC.

‘’Pak Gubernur sudah memberikan lampu hijau bahkan tim hukum Kementerian BUMN siap untuk membuka data dan disandingkan dengan alas hak warga. Hal itu sangat kita tunggu,’’ katanya.

Jika proses sanding data tersebut bisa terwujud, tentu itu bisa menjadi sebuah terobosan luar biasa yang Pemprov NTB, di bawah kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkiefliemansyah. Karena diakui kawasan The Mandalika saat ini merupakan kawasan super prioritas yang mendapat perhatian dunia.

‘’Sebagai orang NTB, kita tentu sangat mendukung pembangunan dan event yang digelar di daerah ini. Namun tentu dengan tidak mengabaikan persoalan lahan yang belum selesai. Jadi upaya Gubernur NTB ini tentu akan menjadi catatan sejarah bagi masyarakat di daerah ini,’’ tegas mantan Ketua Komisi II DPRD Loteng ini.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum Setda NTB, L. Rudy Gunawan, menegaskan, komitmen Pemprov NTB untuk membantu memfasilitas penyelesaian lahan kawasan The Mandalika antara warga dengan ITDCm selaku pengelola kawasan. Berbagai upaya akan terus dilakukan, untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Dalam hal ini kita tidak tinggal diam. Pemprov NTB tetap berupaya maksimal untuk bisa menfasilitasi keinginan masyarakat untuk melakukan sanding data dengan ITDC. Sebagai salah satu upaya menyelesaikan persoalan lahan di kawasan The Mandalika,” tegasnya.

Gubernur Bertemu Wamen BUMN

Diberitakan sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, bertemu Wakil Menteri (Wamen) BUMN, Pahala Nugraha Mansury dalam kunjungan kerjanya di Jakarta pada Selasa, 31 Januari 2023 lalu.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur dan Pahala Nugraha membahas terkait permintaan transparansi ITDC dalam pengelolaan KEK Pariwisata Mandalika, khususnya data-data penyelesaian lahan yang diminta masyarakat.

Gubernur menjelaskan, ITDC adalah salah satu BUMN  yang memiliki kebijakan dimana apapun tindakannya harus mendapatkan persetujuan Kementerian BUMN, termasuk masalah lahan yang sangat sensitif.

‘’Alhamdulillah Kementerian BUMN bisa memahami dan sedang mempersiapkan teknisnya sehingga ITDC bisa secara transparan memberikan informasi yang lengkap sesuai yang diinginkan masyarakat,’’ ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur dan Pahala membahas berbagai rencana dan program-program yang akan dijalannya BUMN di NTB. Termasuk rencana kunjungan Wamen BUMN pada awal Maret ke  Bima, Dompu, Sumbawa dan Lombok. (kir)