Mahasiswa KKN Unram di Desa Perian Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah Organik

0

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa KKN Universitas Mataram (Unram) mengadakan sosialisasi tentang pemanfaatan limbah organik menjadi pupuk organik cair dan mengedukasi masyarakat pentingnya pengolahan limbah di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Ketua KKN Unram di Desa Perian, Zulhan Ozi Firmanu menjelaskan, masyarakat di Desa Perian setiap harinya menghasilkan limbah baik organik maupun nonorganik. Jumlah sampah atau limbah yang dihasilkan setiap tahunnya terus bertambah. Namun belum diikuti dengan peningkatan pengelolaan sampah atau limbah yang baik. Salah satu limbah yang banyak dihasilkan di Desa Perian adalah limbah sisa sayuran busuk yang memiliki nilai konsentrasi COD (Chemical Oxygen Demand) yang tinggi.

“Sehingga jika limbah ini dibuang langsung ke lingkungan akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat mengganggu pernapasan warga di sekitarnya. Jika limbah tersebut dibuang ke sungai maka keadaan air sungai menjadi kotor dan keruh, banyak biota sungai yang mati, serta warga yang mempergunakan air sungai akan terkena penyakit gatal maupun diare,” ujarnya.

Dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan, tim KKN Unram dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. rer. nat. Kosim, M.Si., melakukan pelatihan dan sosialisasi dengan memberikan media pembelajaran video tutorial pembuatan pupuk organik cair. Serta dibantu dengan pemberian materi presentasi agar lebih mudah dipahami. Pelaksanaan sosialisasi pembuatan pupuk organik cair ini diikuti warga Desa Perian dengan sangat antusias.

Warga Desa Perian juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai manfaat pupuk organik cair dan mencoba pembuatan sampel pupuk organik cair. “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu kesuburan tanaman di bidang pertanian sekaligus sebagai upaya menjaga lingkungan dengan pengelolaan limbah serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengelola limbah menjadi produk bernilai ekonomi,” harap Zulhan Ozi Firmanu. (ron)