20 Desa Wisata Lobar Siap Maju Pada ADWI Tahun ini

0

Giri Menang (suara NTB) -Sebanyak 20 Desa Wisata di Lombok Barat (Lobar) siap maju untuk berkompetisi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Kedua puluh desa tersebut diantaranya adalah Desa Wisata Kebon Ayu, Narmada, Mekar Sari, Senteluk, Senggigi, Sedau, Batu Kumbung, Lembar Selatan, Buwun Mas, Sekotong Tengah, Sekotong Barat, dan lainnya.

Masih segar diingatan pada keikutsertaan tahun lalu, Desa Buwun Sejati Narmada berhasil tembus 5 besar ADWI 2022 dalam kategori Desa Wisata Rintisan. Di tahun sebelumnya (2021,red) Desa Sesaot justru berhasil tembus sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik kategori penerapan CHSE.Oleh karena itu, besar harapan Desa Wisata di Lombok Barat bisa sukses meraih prestasi lagi tahun ini. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lobar H.M. Fajar Taufik saat memimpin Rapat Sosialisasi dan Persiapan ADWI 2023 bersama 20 perwakilan desa wisata di Lobar yang dilaksanakan di Aula Kantor Dispar Lobar yang dihadiri, Kamis (2/2).

“Kita harap kita bisa hattrick, salah satu dari desa kita nanti mudahan bisa dapat prestasi lagi. Misalnya Kebon Ayu atau yang lainnya saya harap paling tidak tembus 3 besar,” harap Taufik.Keberhasilan dalam ajang ADWI diharapkan mampu mendongkrak nama desa wisata hingga mampu mengundang wisatawan untuk datang sehingga pendapatan desa melalui aspek pariwisata bisa lebih meningkat lagi.

Tidak ada yang terlalu berbeda dalam syarat dan ketentuan untuk berpatisipasi pada ADWI tahun ini, hanya saja kategori penilaian yang sebelumnya berjumlah 7 kategori tahun menjadi 5 kategori saja.Desa Wisata Batu Kumbung, salah satu desa wisata yang selalu ikut serta sejak ADWI pertama di tahun 2021 menyatakan kesiapannya untuk ikut kembali dengan target yang lebih baik.”Potensi di Desa Batu Kumbung sebenarnya sudah lengkap kalau melihat dari 5 kategori penilaian tadi. Tapi mungkin tahun-tahun sebelumnya pengemasan kita belum maksimal jadi hanya sampai di 300 besar saja,” ungkap Ketua Bumdes Batu Kumbung Munazi seusai rapat.

Dengan persiapan dan pengemasan yang lebih maksimal, ia berharap tahun ini dapat membawa Desa Batu Kumbung maju lebih jauh lagi.”Seperti yang dibilang tadi kita coba potensi-potensi yang ada ini kita kemas dengan narasi yang lebih menarik dan harapannya bisa paling tidak tembus 50 besar,” ungkapnya.(her)