1.513 Guru Lulusan PPG dalam Jabatan Unram Dikukuhkan

0

Mataram (Suara NTB)  – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan Pengukuhan dan Sumpah Profesi kepada lulusan Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram Tahun 2022, yang dilaksanakan di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Rektor Unram yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sitti Hilyana, M.Si., menyampaikan pendidikan bukanlah persoalan yang mudah dan sederhana. “Apa yang ditanamkan saat ini akan dirasakan 20 tahun mendatang, karena itu kita harus bersinergi untuk mewujudkan generasi emas 2045 karena dengan bersinergi berbagai persoalan akan dapat kita pecahkan bersama,” ungkapnya.

“Guru juga harus menjadi pembelajar sejati dan terus berupaya meningkatkan kapasitas dirinya sehingga dapat terwujud guru profesional dibidangnya dengan memprioritaskan pendidikan akan mengangkat Indonesia menjadi negara maju,” lanjutnya.

Kaprodi PPG Unram, Dr. Dadi Setiadi, M.Sc., melaporkan lulusan PPG Unram yang dikukuhkan sejumlah 1.513 lulusan dengan beberapa kategori. Kategori satu sejumlah 858 mahasiswa dengan tingkat kelulusan 92,5%, kategori dua sejumlah 560 lulusan dengan tingkat kelulusan 93%, kategori tiga dengan jumlah 36 mahasiswa dengan tingkat kelulusan 14%, yang terakhir kategori mengulang atau retaker sejumlah 59 lulusan dengan tingkat kelulusan 50%.

Dadi menyampaikan timnya sedang melaksanakan PPG untuk kategori satu gelombang ke-2 yang pada saat ini baru memasuki fase PPL. “Kemungkinan di bulan Februari nanti mereka akan mengambil ujian pengetahuan dan uji kinerja. Gelombang pertama sudah menyelesaikan satu semester kemudian gelombang kedua pekan ini masuk mid semester,” ungkap Kaprodi PPG Unram.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., berpesan untuk para lulusan untuk selalu menjaga nama baik Unram. “Anda adalah alumni Universitas Mataram yang sudah melakukan proses pendidikan yang baru saja selesai. Tentu kesuksesan dari Bapak Ibu sekalian merupakan kesuksesan juga bagi kami sebagai penyelenggara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FKIP Unram menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur PPG beserta para jajaran yang telah memberikan kepercayaan kepada FKIP Unram sebagai salah satu penyelenggara yang mendapatkan kuota yang cukup besar.

“Sudah disampaikan bahwa tingkat kelulusan kita mencapai 93% ini ada suatu capaian yang luar biasa. Oleh karena itu kami untuk tahun-tahun berikutnya siap untuk diberikan kuota yang lebih besar dalam rangka menyukseskan PPG tahun 2023, khususnya PPG pra jabatan dan juga PPG dalam jabatan,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, Direktur PPG Kemendikbud RI, Temu Ismail, S.PD., M.Si., secara virtual memberikan orasi ilmiah dengan tajuk Penguatan Lulusan PPG. (ron)