Perkuat Pemahaman ZI-WBK, Kantor Bahasa NTB Lakukan Presentasi Bersama

0

Mataram (Suara NTB) – Tim Reformasi Birokrasi Internal Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memaparkan presentasi kesiapan dan program ZI-WBK yang dilakukan pada Senin 30 Januari 2023. di Aula Cilinaya Kantor Bahasa Provinsi NTB. Presentasi dilakukan oleh tiap-tiap pengungkit. Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas.

“Setiap pengungkit harus bekerja sama dalam mempersiapkan kelengkapan data dukung dan inovasi Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat agar dapat meraih predikat ZI-WBK pada tahun 2023,” ungkap Puji Retno.

Dalam presentasi yang dilakukan, tiap-tiap pengungkit memaparkan rencana kerja selama setahun ke depan. Selain itu, para koordinator menyampaikan masalah-masalah yang ditemui di tim pengungkitnya agar dapat dipecahkan bersama.

Dalam usaha meraih predikat ZI-WBK, Tim Reformasi Birokrasi Internal berkaca kepada hasil evaluasi Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian PANRB. Hasil evaluasi menyatakan bahwa perlu adanya peningkatan dalam beberapa hal, di antaranya pengawasan dan evaluasi secara berkala pada implementasi SOP untuk memastikan pelayanan dan kegiatan lain sudah sesuai dengan SOP. Selain itu, pengukuran kinerja individu sebagai pengembangan kompetensi, pendekatan yang lebih intensif dengan pengguna layanan dan pemangku kepentingan, serta peningkatan Indeks Persepsi Antikorupsi. Dengan mempelajari hasil evaluasi tersebut, diharapkan tidak ada kekurangan pada proses penilaian tahun ini.

Koordinator Tim Reformasi Birokrasi Internal, Kasman menegaskan, perlunya agenda rutin presentasi setiap pengungkit. Diharapkan adanya kegiatan presentasi secara rutin ini setiap pengungkit dapat mengetahui sejauh mana kerja dan kendala apa yang ditemui oleh pengungkit lain. Hal tersebut sangat berguna agar permasalahan bisa cepat diselesaikan dan mendapat hasil nilai yang maksimal. (ron)