Cenderung Sepi, GHA Nilai Perlu Upaya Menambah Kunjungan ke Gili Meno

0
Lalu Kusnawan

Tanjung (Suara NTB) – Angka kunjungan wisatawan ke Gili Meno, sejauh ini masih sangat sedikit dibandingkan ke Gili Air dan Gili Trawangan. Kesenjangan angka kunjungan ini menjadi atensi bagi Gili Hotel Association (GHA).

“Ide-ide pengusaha sudah banyak yang dilakukan secara swadaya. Kita ingin bagaimana supaya wisatawan ke Gili Meno bertambah, karena angka kunjungan di Meno lebih rendah dibanding dua Gili lainnya,” ucap Ketua GHA, Lalu Kusnawan, Selasa 31 Januari 2023.

Ia mendorong, kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha wisata dan masyarakat perlu ditingkatkan lagi dalam berbagai kegiatan. Konsep promosi hingga program kegiatan pemerintah daerah, diharapkan fokus pada pengembangan pariwisata di KLU secara umum.

‘’Mungkinkah ada boat spesial untuk penumpang tujuan Meno. Biar menjadi daya tarik sehingga tidak hanya mancanegara yang datang, tetapi juga domestik,’’ ucapnya.

Promosi transportasi tersebut tentu tidak bisa mengandalkan pengusaha saja. Sebab usaha jasa transportasi yang digalang Karya Bahari membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit. Kusnawan berharap, Pemda memiliki solusi entah bentuknya subsidi transportasi untuk beberapa waktu tertentu, atau mengoperasikan boat milik Pemda untuk satu waktu tertentu.

Di saat bersamaan, promosi Tiga Gili khususnya di Meno juga perlu digencarkan. Tidak ada salahnya, dinas mengemas kegiatan tersendiri untuk tiga Gili dengan mengambil lokasi di Gili Meno. ‘’Kita punya source di 3 Gili, kalau kita mampu maksimalkan, daerah lain akan sangat tertarik dengan KLU,” imbuhnya. (ari)