Ummat Berangkatkan Mahasiswa KKN Internasional dan Pengabdian Dosen ke Malaysia

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) memberangkatkan tujuh mahasiswa yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Agama Islam (FAI) untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNDik) Internasional Merdeka Belanja Kampus Merdeka (MBKM) ke Malaysia.

Pelepasan ini dilakukan langsung oleh Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, M.A., didampingi Dekan, Kepala Biro KKHP, Ka. Kerjasama dan KUI Ummat di Aula lantai 3 Gedung Rektorat Ummat pada hari Jumat, 27 Januari 2023.

Kepala Biro KKHP, Drs. Amil, M.M., yang juga mendampingi para mahasiswa ke Malaysia menjelaskan, tujuh mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa KKNDik gelombang kedua dari tanggal 30 Januari–27 Februari 2023. Sedangkan gelombang pertama sebanyak enam mahasiswa yang sudah menjalani KKNDik Internasional pada 28 November–26 Desember 2022.

Selain KKNDik, lanjutnya, juga bersamaan dengan pengabdian dan penelitian internasional yang dilakukan oleh dosen. “Kegiatan ini sekaligus ikhtiar dalam mewujudkan visi dan misi Ummat sebagai salah satu PTMA yang berdaya saing di kawasan ASEAN,” pungkasnya.

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, M.A., mengaku kegiatan tersebut merupakan kebanggaan, karena mahasiswa menampilkan diri dengan mengikuti KKNDik internasional. “Kampus sangat mendukung kegiatan ini, semoga di tahun yang akan datang semakin banyak dan tersebar di berbagai program studi,” imbuhnya.

Pihaknya berpesan kepada peserta KKNDik untuk memperhatikan kelengkapan dokumen agar tidak ada masalah ke depannya. Mahasiswa juga harus mampu membawa diri mengingat kebiasaan dan kultur antara Indonesia dan negeri jiran ada perbedaan. Serta, harus mampu menjaga nama baik Ummat.

“Selamat mengikuti KKNDik internasional, selamat menimba ilmu dan mencari pengalaman yang berharga. Semoga mulai berangkat hingga kembali dilancarkan segala urusannya,” katanya.

Diketahui sebelumnya, Ummat telah memberangkatkan 6 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk mengikuti program Kuliah Kerja nyata Pendidikan (KKN-DIK) Internasional MBKM ke Malaysia, sejak tanggal 28 November hingga 26 Desember 2022.

Selain KKN-DIK, juga bersamaan dengan kunjungan internasional ke Malaysia pada tanggal 28 November sampai dengan 1 Desember 2022, berjumlah 17 orang terdiri Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, dan beberapa Kepala Lembaga/Biro/Badan/UPT di lingkungan Ummat. (ron)