Terima DPA, Kepala OPD Tandatangani Pakta Integritas

0

Tanjung (Suara NTB) – Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU), menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD tahun 2023. Bersamaan dengan itu, Kepala OPD juga menandatangani Pakta Integritas di hadapan Bupati KLU H. Djohan Sjamsu.

“Pakta integritas ini diharapkan dapat mempercepat realisasi pelaksanaan berbagai program kerja tahun ini,”  ucap Bupati, H. Djohan Sjamsu, SH., di sela-sela serah terima DPA di Aula Kantor Bupati, Senin, 30 Januari 2023.

Ia menyampaikan, dokumen APBD tahun 2023 tersebut rampung berkat keterlibatan dan kontribusi seluruh pihak. DPA APBD ini selanjutnya diminta untuk segera direalisasikan. Percepatan pelaksanaan anggaran dinilai akan mewujudkan cita-cita pembangunan yang tertuang dalam visi misi Pemda, yaitu mewujudkan pemerintahan yang efektif, bersih, aspiratif dan transparan melalui percepatan reformasi birokrasi.

Djohan mengimbau pula, agar masing-masing pimpinan OPD selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), taat memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, sesuai dengan aturan dan dapat dipertanggungjawabkan. “Tujuan utama pelaksanaan anggaran adalah mensejahterakan masyarakat, harapannya itu dapat kita wujudkan dengan baik,” ucapnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan amanat Menpan-RB Nomor 53 tahun 2014, menekankan perjanjian kerja lebih pada kinerja yang terukur. Sehingga Kepala OPD dianggap berhasil atau gagal berdasarkan tercapai atau tidaknya target kinerja.

“Kita semua harus konsisten, kualitas belanja APBD disesuaikan dengan aturan perundang-undangan, dan dapat dibuktikan dengan administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Ia meyakini, seluruh Kepala OPD yang menerima mandat jabatan dan mandat anggaran dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik. Tak lupa, ia juga meminta semua OPD menjalankan anggaran dengan sikap melayani guna pencapaian pembangunan yang lebih baik. (ari)