SMKN 7 Mataram Gelar LDK bagi Pengurus OSIS

0

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas pengurus OSIS  maka SMKN 7 Mataram mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK bagi pengurus OSIS yang baru.  Legiatan LDK OSIS SMKN 7 Mataram diadakan selama dua hari, yakni dari tanggal 26-27 Januari 2023 yang  lokasi kegiatannya di bagi dalam dua tempat, yakni untuk kegiatan teori  di Ruang Rapat SMKN 7 Mataram dan untuk yang bersifat permainan bertempat di Buperma H. Moh.Ruslan Kota Mataram.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala SMKN 7 Mataram M. Zulkarnain, S.E., M.M. Dalam arahannya Kepala SMKN 7 Mataram mengingatkan kepada pengurus OSIS yang baru untuk bahu membahu mensukseskan semua program sekolah serta selalu menjaga nama baik sekolah dan diri di manapun berada. ‘’Termasuk harus mampu menjalankan fungsi dan tujuan dari OSIS, sebagaimana organisasi lain yang memiliki fungsi,’’ ujarnya dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Senin 30 januari 2023.

Menurutnya, fungsi   OSIS   adalah sebagai wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. Selain itu, sebagai motivator, yakni perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama.

 ‘’Fungsi yang lain preventif. Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya,’’ tambahnya.

Untuk itu, ujarnya, dengan demikian secara preventif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah dan fungsi preventif ini akan terwujud, apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu diwujudkan. ‘’Mengingat fungsi OSIS yang begitu penting ini kepala sekolah mengharapkan kepada pengurus OSIS untuk selalu berkoordinasi dengan semua ekskul yang ada di sekolah,’’ ujarnya.

Pembina OSIS SMKN 7 Mataram H. Ridhan Hadi, S.Pd., menjelaskan,  dalam kegiatan LDK  kali ini tema yang diusung adalah SMART (Santun, Mandiri, Amanah, Religius dan Teladan).

 Kepala Kantor Cabang Dinas Dikbud Mataram Lombok Barat Muhajidin, S.Pd., M.M., berpesan pada para peserta untuk keras di waktu muda, maka dunia akan lunak di waktu tua. Maknanya, ujarnya, adalah waktu muda ini harus disiplin belajar dan berlatih, sehingga di waktu tua  akan menikmati kebahagiaan ini. ‘’Begitu juga sebaliknya maka jangan sia-siakan waktu dan  kesempatan yang ada ini untuk belajar dan berkarya,’’terangnya.

Sementara itu, Panitia LDK SMK Negeri 7 Mataram Akhmad Ramli, SH. S.Pd., menyampaikan selain OSIS memiliki fungsi juga tujuan yang harus dicapai yang mana tujuannya adalah meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa. Selain itu, memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat serta membangun kepribadian,mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi. Tidak hanya itu, bersikap sportif, jujur disiplin, bertanggung jawab dan bekerja sama secara mandiri berpikir logis dan demokratis.

Panitia menyampaikan peserta dalam kegiatan ini berjumlah 44 orang pengurus OSIS baru dan para peserta mengikuti dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi dan berharap kepada pengurus OSIS untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diterima selama kegiatan berlangsung, sehingga apa yang diharapkan dari OSIS akan bisa terwujud. (ham)