Pelantikan Pengurus Baru, Kick Boxing NTB Ditantang Sumbang Emas di PON

0

Mataram (Suara NTB) – Pengurus baru Kick Boxing Provinsi NTB resmi dilantik. Ketua Pengurus Provinsi dipercayakan kepada Junaidi Kasum. Tidak hanya pengurus provinsi. Pengurus kabupaten/kota juga terbentuk dan langsung dilatik.

Pelantikan Pengurus Provinsi dilakukan oleh Ketua Pengurus Pusat, Ngatino, SH.,MH. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mewakilkan Sekda NTB, Lalu Gita Ariyadi. Unsur KONI NTB, Dispora NTB, Pemuda Pancasila NTB, Dinas Pariwisata NTB, dan stakeholders lainnya.

Sementara pelantikan pengurus Kick Boxing kabupaten/kota dilakukan langsung oleh Junaidi Kasum. Pelantikan serempak dilaksanakan di Hotel Lombok Raya, Senin siang, 30 Januari 2023. Pasca dilantik, pengurus mendapatkan tantangan, menyumbang medali emas di PON September 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Sekda NTB dalam kesempatan ini menekankan, malu, bila Kick Boxing NTB tidak dapat menorehkan prestasi, atau tidak dapat menyumbang emas di PON 2024, terlebih lagi PON 2028 yang akan dilaksanakan di NTB dan NTT.

“Kick berarti tendangan, dan boxing berarti pukulan. Olaraga kombinasi versi trandisionalnya sudah lama ada di NTB, ada belanjakan di Mabagek, ada Ntunggu di Bima. Ada juga peresean. Kick Boxing ini adalah istilah kerennya. Jadi akan salah kalau Kick Boxing NTB tidak bisa mempersembahkan emas nanti (di PON),” katanya.

Karena itu, pengurus diminta membangun konsolidasi yang kuat, untuk mewujudkan prestasi yang diharapkan. Ia juga menyatakan, Kick Boxing dipimpin oleh Junaidi Kasum menurutnya sangat pas. Apalagi Junadi Kasum diketahu sebagai Ketua Organsasi Angkutan Darat (Organda) NTB, sehingga mudah baginya untuk melibatkan jaringannya dalam mendukung prestasi Kick Boxing NTB.

Ketua KONI NTB, diwakili Nurhaedin menekankan, Kick Boxing NTB harus mampu menyumbang medali emas, setidaknya satu medali emas pada PON nanti. Yang terpenting jaga spirit kebersamaan, dan fokus membangun prestasi.

Sementara Ketua Umum Kick Boxing pusat, Ngatino menekankan, setelah terbentuk di NTB, persiapan yang paling dekat harus dilakukan adalah Pra PON. Karena pra PON adalah kualifikasi bagi atlet untuk lolos ke PON.
“Tapi saya yakin, karakter orang NTB adalah petarung, NTB pasti bisa,” katanya yakin.
Selain itu, ia juga menyebut, Kick Boxing adalah salah satu jenis olahraga yang dapat mendukung pariwisata (sport tourism). Di beberapa negara penyelenggara kejuaran, biasanya ada ribuan peserta yang hadir. Ini bisa dijadikan momentum bagi NTB yang dikenal sebagai daerah wisata. “Silahkan, bersinergi dengan sektor pariwisatanya,” demikian Ngatino.

Junaidi Kasum sendiri sangat optimis Kick Boxing bisa menorehkan prestasi yang membanggakan bagi NTB. apalagi sudah terbentuk langsung pengurus di masing-masing kabupaten/kota. Pusat-pusat pelatihan juga sudah terbentuk di kabupaten/kota. Tinggal memperkuat konsolidasi di internal, dan eksternal.

“Kalau kita sudah ditarget 1 medali emas di PON, kita persiapkan dan berusaha mendapatkan 2 emas di PON,” demikian komitmen Junadi Kasum.(bul)