Kemenhub Berikan Akreditasi A pada UPUBKB Lotim

0

Selong (Suara NTB)– Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberikan akreditasi A kepada Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB). Sertifikat akreditasi ini diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian  Perhubungan Hendro Sugiatno kepada Kepala Dinas Perhubungan Lotim, Baiq Farida Apriani yang mewakili Bupati Lotim di Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Akreditasi terbaik ini diberikan pada Lombok Timur sebagai salah satu kabupaten/kota yang melaksanakan Program Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK). Program Stranas PK ini dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Lotim, Ahmad Azro’i  menjelaskan, ada sejumlah kriteria penilaian terhadap pelayanan UPUBKB. Antara lain  penilaian pada program pembayaran non tunai, jenis dan sarana prasarana pengujian, serta sistem manajemen informasi. “Dari sekitar 500 unit pelaksana uji berkala di daerah, 90 sudah terakreditasi A dan 350 sudah berproses akreditasi,” terangnya mengutip rilis dari Kemenhub.

Uji berkala kendaraan bermotor merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik. Uji berkala  ini menjadi salah satu output aksi Penguatan Peningkatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam aksi 2021- 2022 lalu. Meski dalam aksi 2023 -2024 sudah tidak termasuk akan tetapi kegiatan kir ke kendaraan tersebut disebut sebagai awal pelayanan publik yang baik. Dia juga menyebut hal itu menjadi salah satu indikator dalam Survey Penilaian Integritas  (SPI).

Hasil uji kendaraan ini juga menjadi syarat dalam layanan truk di pelabuhan yang dikenal dengan Single Truck Identification (STID) di pelabuhan. STID merupakan salah satu indikator dalam pelaksanaan aksi reformasi pelabuhan. (rus)