Bagi Ilmu Berkendara Aman, Honda NTB Sambangi SMKN 3 Sumbawa Besar

0

Sumbawa (Suara NTB)-Diawal tahun 2023 Astra Motor NTB membuat ragam aktivitas edukasi yang kembali dilangsungkan secara offline, seperti kampanye #Cari_Aman atau Safety Riding dengan menyasar element masyarakat salah satunya pelajar yang duduk di bangku sekolah menengah atas/kejuruan.

Salah satu sekolah kejuruan yang berada di Pulau Sumbawa, SMKN 3 Sumbawa Besar menjadi lokasi penyuluhan kampanye aman berkendara yang diinisiasi oleh Astra Motor NTB sebagai pelopor keselamatan berkendara.

Pelaksanaan kegiatan Safety Riding berlangsung pada kamis, 26 januari 2022, pada kegiatan ini tim Safety Riding bekerja sama dengan salah satu jaringan Dealer Honda yaitu Astra Motor Sumbawa untuk melakukan promosi dan servis kunjung di lokasi kegiatan.

Tim Safety Riding dari Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya bersama Ideni Bayu Efendi melakukan kunjungan dan sekaligus refreshmen skill siswa dimana SMKN 3 Sumbawa merupakan salah satu sekolah yang sudah pernah di lakukan edukasi terkait dengan Safety Riding di tahun 2021 lalu.

“Dalam kesempatan ini Astra Motor NTB memberikan edukasi secara offline dengan pemberian materi dan juga praktek. Tahun 2021 silam sudah pernah diberikan edukasi secara teori karena aktivitas edukasi ini dilaksanakan melalui daring. Alhamdulilah kali ini kami langusng berkunjung ke sekolah dan kembali merefresh skill yang sudah didapat oleh adik-adik,” jelas Satria Wiman Jaya.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung adalah pembukaan oleh pihak sekolah dikarenakan kepala sekolah berhalangan hadir kemudian di wakilkan oleh wakahumas. Setelah pembukaan oleh pihak sekolah dilanjutkan dengan sesi pemberian teori oleh Satria.

Materi yang di berikan kepada siswa yang terlbat di dalam ruangan yang berjumlah 70 siswa merupakah materi Pelatihan Berkendara Pemula SMA yang dimana merupakan materi basic yang mengajarkan tentang teknik yang benar untuk pengereman. Selain itu juga di jelaskan materi yang lain yang merupakan alasan tim Safety Riding selalu melakukan kampanye safety riding yaitu karena kejadian kecelakaan di Indonesia yang dimana 90% diakibatkan oleh faktor manusia.

Setelah sesi teori selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek breaking/pengereman menggunakan Honda ADV160 ABS. Bayu yang merupakan salah satu Instruktur Safety Riding mengambil alih kegiatan ini dan menunjukan teknik pengereman yang baik dan benar. Tidak lupa juga Bayu melakukan praktek menggunakan Riding Gear berkendara yaitu Helm, Jaket, Glove, Celana panjang dan Sepatu.

“Bagi siswa yang mau mencoba untuk praktek bersama, tim Safety Riding telah menyediakan Riding Gear untuk siswa,” lanjut kata Satria.
Ditambahkan oleh Kamaludin selaku wakahumas SMKN 3 Sumbawa, ia menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Astra Motor NTB yang sudah berkenan memberikan sosialisasi tentang keselamatan berkendara untuk siswa didiknya.

“Terimakasih Honda sudah menyelenggarakan edukasi Honda Safety Riding yang sangat bermanfaat untuk anak didik kami, semoga edukasi tentang berkendara yang aman sesuai dengan peraturan yang berlaku ini dapat diemban dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan semoga hubungan relasi yang baik ini juga dapat berlanjut hingga kedepannya,” tutup Kamaludin.(bul)