Peserta Magang ke Jepang Dilepas, Harus Bisa Tiru Etos Kerja Masyarakat Jepang

0

BUPATI Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy melepas peserta magang dan pelatihan ke Jepang, Sabtu, 28 Januari 2023. Kepada seluruh peserta magang, Bupati mengingatkan agar selama di Jepang nantinya hendaknya mengikuti etos kerja orang-orang Jepang.

Dikatakan, salah satu sikap kerja masyarakat Jepang adalah energik. “Energik menjadi salah satu sikap masyarakat Jepang yang patut ditiru untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja di negara tersebut,” ungkap Bupati.

Bupati berharap semua dapat sukses di negeri Jepang. Namun diingatkan, butuh tekad dan semangat membaja menghadapi tantangan agar bisa meraih kesuksesan.

“Luar negeri memiliki banyak perbedaan, tanpa kemampuan penyesuaian yang baik maka akan sulit meraih sukses,” pesan Bupati kepada peserta sebanyak 14 orang pemagang asal Lombok Timur yang akan mengikuti pelatihan tahap II, dan 63 orang yang merupakan calon peserta.

Menurut Bupati, kesuksesan akan dapat diraih dengan keseriusan. “Serius bermakna sungguh-sungguh sejak mempersiapkan diri hingga melaksanakan tugas nantinya,” pesannya.

Selain serius, dibutuhkan keuletan yakni mampu menghadapi tantangan atau kendala yang ada dan tetap rajin, tekun, dan gigih. “Modal berikutnya adalah konsisten, tetap pada pendirian,“ terangnya.

Sementara, ketua Ikapeksi NTB Sukri menyampaikan para peserta magang asal Lombok Timur melalui program IM Japan menurutnya cukup sukses. Hal ini dilihat dari banyaknya peserta yang diperpanjang kontraknya. Program magang IM Japan berlangsung selama 3-5 tahun. (rus)