Nakes Lulus PPPK Mulai Lakukan Pemberkasan

0

Mataram (Suara NTB) – Tenaga kesehatan yang dinyatakan lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 mulai pemberkasan. Surat keterangan pengangkatan segera diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional IV Denpasar untuk penetapan.

Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur  Ahli Muda Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram Hidayatullah dikonfirmasi akhir pekan kemarin menjelaskan, pemberkasan nakes yang dinyatakan lulus PPPK telah dimulai sejak 24 Januari – 5 Februari 2023.

Nakes melampirkan dokumen berupa surat keterangan catatan kepolisian,surat keterangan kesehatan jasmani dan rohan dari rumah sakit,surat keterangan bebas narkoba,ijazah,transkrip nilai, surat keterangan register, dan surat keterangan afirmasi. “Kalau surat keterangan afirmasi ini sebenarnya sudah di-upload, tetapi kita minta sebagai dokumen saja,” katanya.

Prosos pengunggahan dokumen dilakukan secara mandiri, tetapi pihaknya tetap melakukan pendampingan. Mekanismenya adalah nakes diminta berkelompok datang ke dinas dan membuka akun masing-masing. Sebelum proses pengunggahan akan dicek apakah sudah benar atau tidak, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan pengiriman berkas.

Dayat sapaan akrabnya, proses pemberkasaan ini tidak ada kendala. Pelamar yang lulus relatif sedikit sehingga proses pelayanan administrasi dan lain sebagainya relatif lancar. “Kita sudah 80 persen rampung. Sisanya 20 persen masih menunggu tes kesehatan saja,” ujarnya.

Setelah pemberkasan dilanjutkan dengan pengusaha nomor induk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Usulan itu menjadi kewenangan dari pemerintah daerah namun diawal dengan pembuatan SK penetapan sebagai calon PPPK dan menunggu persetujuan melalui aplikasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kemudian, SK PPPK yang ditandatangani oleh Walikota kembali diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional IV Denpasar. “Kalau sudah itu tinggal menunggu penetapan dari Denpasar,” demikian kata dia. (cem)