Wagub Sambut Baik Penerapan SKALA di NTB

0

Mataram (Suara NTB) – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyambut baik rencana penerapan program Sinergitas dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) di NTB.

SKALA merupakan sebuah program kerja sama dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang bertujuan untuk mendukung Indonesia mengurangi tingkat kemiskinan serta kesenjangan antar daerah melalui penguatan efisiensi dan efektivitas kebijakan tata kelola desentralisasi.

“Kami merasa peran dari NGO dan satkeholders lainnya itu luar biasa membantu kami menjalankan semua program-program di NTB. Jadi kita melihat mereka sebagai partner positif yang sangat mensupport. Intinya kami sangat welcome, sangat senang. Silahkan saja,” kata Wagub saat menerima tim dari Kedutaan Besar Australia-Jakarta di Aula Pendopo Wagub pada Kamis 26 Januari 2023.

Ummi Rohmi, sapaannya juga memaparkan berbagai program untuk pembangunan daerah di NTB yang dimulai dari hal-hal kecil, seperti NTB Care sebagai platform komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat dan Revitalisasi Posyandu sebagai pusat edukasi masyarakat.

 “Disini kita ada NTB Care, sebuah sistem komunikasi online dengan masyarakat. Setiap permasalah bisa langsung disampaikan dan harus direspon cepat. Kemudian ada Revitalisasi Posyandu sebagai pusat edukasi untuk masyarakat, dimana semua anggota keluarga bisa datang ke posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan berbagai literasi,” tambahnya.

Pertemuan Wagub dengan pihak Kedutaan Australia merupakan pertemuan pertama untuk membahas program SKALA. Hal tersebut disampaikan oleh Astrid Kartika selaku Decentralised Governance Leader-Kedubes Australia.

“Jadi tujuan kami datang sebenarnya istilahnya untuk mengetok pintu dahulu memperkenalkan program terbaru Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) yaitu SKALA, program kerja sama birateral Australia-Indonesia. Belum banyak rencana kerja karena kami baru mobilisasi. Tapi kami harap akan dapat sambutan yang positif di NTB. Terima kasih atas sambutannya,” kata Astrid Kartika.

Untuk diketahui, sebelumnya sebuah program kemitraan pembangunan antara Australia dan Indonesia juga telah sukses dijalankan di NTB. Program tersebut merupakan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan yang kemudian disingkat menjadi “KOMPAK”. Dengan tujuan yang sama dengan KOMPAK, SKALA juga hadir untuk mendukung Indonesia mengurangi tingkat kemiskinan serta kesenjangan.

Hadir mendampingi Wagub pada audiensi tersebut yaitu, Kepala BAPPEDA NTB, Kepala Dinas Sosial NTB, serta Kepala Dinas PMPD Dukcapil NTB. (r)