Ubah Budaya Kerja

0

MENGUBAH budaya kerja karyawan pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) NTB menjadi lebih profesional, sehingga bisa bekerja maksimal menjadi salah satu tujuan yang mesti dicapai. Salah satu upaya untuk mengubah budaya kerja adalah dengan mengubah Call Name Bank.

‘’Di NTB sudah berubah menjadi PD BPR NTB dari sebelumnya PD BPR NTB Mataram. Hal ini sesuai dengan RUPS yang digelar belum lama ini. Kita sudah usulkan perubahan status hukum mejadi Perseroda, menjadi PT BPR NTB (Perseroda) dengan Call Name, Bank UMKM NTB. Ini sama juga dengan di Jawa Timur (Jatim), BPR Jatim itu, memiliki  Call Name, Bank UMKM Jatim,’’ ungkap Kepala Biro Perekonomian Setda NTB Drs. H. Wirajaya Kusuma, M.H., pada wartawan di ruang kerjanya, Jumat, 27 Januari 2023.

Menurut mantan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah NTB ini, alasan membuat Call Name Bank, karena untuk mengubah budaya kerja, sehingga mindset karyawan BPR   berubah menjadi lebih baik sebagai karyawan perbankan profesional.

‘’Ingin kita ubah dari yang dulu bekerja santai, bussiness as usual. Sekarang ini harus mengubah image, minimal harus sama dengan standar  kerja perbankan, makanya Call Name itu, penting buat kami. Bank UMKM NTB itu,’’ terangnya.

Meski demikian, tambahnya, ketika nanti Call Name sudah berubah,  segmennya bukan hanya UMKM saja. Semua bisa meminjam uang di Bank UMKM, tapi sekarang ini sebagian besar banyak peminjam dari kalangan UMKM. Pihaknya juga tetap membuka pinjaman bagi kredit konsumtif, terutama jika ada pegawai, perangkat desa yang ingin meminjam dengan jumlah aset di BPR NTB ini sekarang ini sekitar Rp850 miliar.

Dalam menjadikan Bank UMKM NTB ini, pihaknya akan melakukan pelatihan pada karyawan (capacity building) untuk meningkatkan kinerja, identitas, pakaian, sarana dan prasarana akan diperbaiki menuju BPR yang profesional. ‘’Contoh kayak Bank Dinas Ashri itu kan BPR Syariah, tapi orang kenal Bank Dinar. Dan melekat gaya profesionalitas mereka sebagai bankir.  Karena mereka melihat diri mereka itu adalah pegawai bank,’’ ujarnya membandingkan. (ham)