Susun Daftar Pemilih, KPU NTB Rekrut 12 Ribu Lebih Pantarlih

Mataram (Suara NTB) – Tahapan pemilu 2024 sebentar lagi akan memasuki salah satu tahapan krusial yakni pemuktahiran data pemilih. Oleh karena KPU mulai membuka rekrutmen Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan data pemilih tiap-tiap Tempat Pemungut Suara (TPS).

Terkait hal itu, anggota KPU Provinsi NTB yang membidangi Divisi Data, H. Syamsuddin menjelaskan bahwa pihaknya sudah mulai membuka rekrutmen Pantarlih. Adapun jumlah kebutuhan tenaga Pantarlih ini disesuaikan dengan jumlah TPS se Provinsi NTB.

“Sekarang sudah buka rekrutmennya, karena Pantarlih mulai bekerja Februari ini sampai dengan Maret. Pantarlih yang akan direkrut itu sekitar 12 ribu lebih. Karena rancangan TPS kami sementara ini sebanyak 12.700, dimana satu TPS satu Pantarlih,” jelasnya.

Namun demikian untuk rekrutmen Pantarlih ini tidak dilakukan langsung oleh KPU, tapi dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa/Kelurahan. “Rekrutmen akan dilakukan PPS , karena mereka yang lebih tahu tentang kondisi wilayah masing-masing,” kata Syamsuddin.

Pihaknya pun mengingatkan kepada PPS agar lebih cermat dalam melakukan rekrutmen Pantarlih ini. Sebab tahapan pemuktahiran data pemilih ini merupakan salah satu tahapan yang cukup krusial, yang akan menentukan apakah pemilu tersebut berjalan dengan demokratis atau tidak.

“Tahapan ini sangat menentukan pemilu itu demokratis, karena menyangkut keterlibatan masyarakat di Pemilu. Oleh karena itu saya minta petugas PPS segera koordinasi dengan kepala desa, lingkungan masing-masing. Harus dikuasai betul lingkungan, kuasai data, jumlah KK di wilayah masing-masing,” serunya.

Mantan anggota Bawaslu Provinsi NTB itu juga mengingatkan kepada jajarannya di bawah agar dalam Pemuktahiran Data Pemilih ini supaya bekerja dengan lebih cermat. Sebab ketidakakuratan Dapat Pemilih Tetap (DPT) kerap menjadi objek sangketa pemilu.

“Oleh sebab itu hati-hati, bekerja sesuai petunjuk aturan dengan baik, usahakan data pemilih betul-betul valid, catat semua apa yang ditemukan di lapangan. Sehingga sewaktu-waktu ada pertanyaan kita bisa menjawabnya. Data dengan mutakhir sesuai kondisi ril pada saat itu,” pungkasnya. (ndi)





Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Penyeberangan Lembar-Padangbai-Ketapang Ditutup Saat Hari Raya Nyepi

0
Giri Menang (Suara NTB) - Pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Lembar menuju Padangbai Bali dan Ketapang serta sebaliknya ditutup sementara selama perayaan Hari Raya Nyepi...

Latest Posts

Penyeberangan Lembar-Padangbai-Ketapang Ditutup Saat Hari Raya Nyepi

Giri Menang (Suara NTB) - Pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan...

21 Kapal di Selat Lombok Setop Beroperasi Saat Hari Raya Nyepi 2023

Mataram (Suara NTB) - Sebanyak 21 kapal yang rutin...

Persiapan Sambut Balap Mobil, MGPA Rombak Sirkuit Mandalika

Praya (Suara NTB) - Sejumlah perombakan bakal dilakukan Mandalika...