Porprov NTB 2023, Sirkuit Lantan Jadi Lokasi Gelaran Cabor Grasstrack

0

Praya (Suara NTB) – Sirkuit Motocross Lantan 459 Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng) resmi ditunjuk sebagai lokasi gelaran cabang olahraga (cabor) grasstrack pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB tahun 2023, pertengahan Februari mendatang. Hal itu sesuai dengan surat KONI NTB yang ditujukkan kepada Pemkab Loteng, prihal penetapan lokasi gelaran cabor grasstrack ajang Porprov NTB.

Penunjukan tersebut sekaligus menjawab simpang siur soal lokasi cabor grasstrack yang semula direncananya di Kota Mataram dan Samota Sumbawa. Pemkab Loteng pun menegaskan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah cabor grasstrack Porprov NTB kali ini, pasca penunjukan tersebut. Dan, akan segera melakukan persiapan termasuk perbaikan yang diperlukan yang diperlukan terhadap sirkuit Lantan. Sesuai petunjuk dan permintaan dari pihak panitia Porprov NTB.

“Soal apa saja yang akan diperbaiki, KONI dan IMI NTB tentu yang paling tahu,” sebut Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., kepada wartawan, di ruang kerjanya, Jumat, 27 Januari 2023. Dengan cabor grasstrack sendiri akan digelar selama dua hari, tanggal 21 sampai 22 Februari 2023 mendatang.

Itu artinya, Pemkab Loteng punya waktu kurang dari sebulan untuk mempersiapkan sirkuit Lantan. Supaya bisa benar-benar siap menjadi lokasi gelaran cabor grasstrack. “Yang jelas, Pemkab Loteng siap menggelar kegiatan grasstrack. Untuk itu, segera kita lakukan rapat persiapan diinternal pemerintah daerah. Maupun dengan pihak KONI NTB dan IMI NTB,” ujarnya.

Terkait akses jalan ke lokasi Sirkuit Lantan, pihaknya sudah menyiapkan jalur masuk dan jalur evakuasi. Di mana setidaknya ada empat jalur keluar masuk yang dipersiapkan. Dari arah timur bisa lewat jembatan Maiq Meres. Selanjutnya dari Desa Selebung menuju Desa Lantan, dari Pancor Dao Desa Aik Darek dan terakhir dari Karang Sidemen.

“Untuk pengaturan arus lalu lintas dan kendaraan menuju sirkuit nanti akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian serta dinas perhubungan,” tegas Pathul seraya menambahkan, masyarakat lingkar sirkuit juga sudah siap mendukung gelaran cabor grasstrack di sirkuit motocross Lantan.

Disinggung soal rencana Sirkuit Lantan jadi tuan rumah jadwal MXGP tahun 2023 ini, Pathul kembali menegaskan pada prinsipnya pihaknya juga sangat siap. Hanya saja, pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait hal itu. Mengingat, jadwal resmi gelaran MXGP belum diterima sampai saat ini.

Jika memang sirkuit Lantan akhirnya ditunjuk sebagai lokasi gelaran MXGP, pasti ada konfirmasi resmi dari pihak penyelenggara. ‘’Soal lokasi MXGP kita tunggu saja, keputusan resminya di man. Jika kita yang ditunjuk, kita sangat siap,’’ pungkas mantan Wakil Ketua DPRD Loteng ini. (kir)