Kekeringan, Pemkab dan Warga Sumbawa Gelar Salat Isitisqa’

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa bersama ratusan masyarakat melaksanakan Salat Istisqa’ (salat meminta Hujan), Jumat, 27 Januari 2023, di halaman Kantor Bupati. Mengingat kemarau dan kekeringan yang melanda Sumbawa sudah berlangsung dalam sebulan terakhir.

Salat Istisqa’ juga diikuti Sekda, para Asisen, pimpinan OPD, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, dan siswa-siswi SMA/SMK/MA dalam wilayah Kecamatan Sumbawa. Adapun yang bertindak sebagai Imam yakni Ustadz H. Munajat, LC., M.HI, dan Khotib oleh Ustadz Slamet Riadi, S.Pd.I.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh jama’ah yang telah hadir untuk melaksanakan Salat Istisqa’. “Kita hadir di sini untuk bersama-sama memohon pertolongan Allah SWT agar daerah kita diberikan kemurahan dan keberkahan berupa hujan,”uujarnya.

Menurut Bupati, neski tiga hari yang lalu sempat turun hujan di Sumbawa, tetapi hujan tersebut masih bersifat sporadis (tidak merata/tidak menentu). Karenanya Salat Istisqa’ perlu dilakukan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Agar segala permohonan untuk mengatasi berbagai permasalahan bisa dikabulkan, termasuk meminta hujan yang berkah dan manfaat. Sehingga daerah ini terhindar dari masalah kekeringan.

Sementara itu, Ustadz Slamet Riadi, S.Pd.I dalam khutbahnya mengatakan, meski sudah turun hujan dalam 2-3 hari terakhir ini, Salat Istisqa’ tetap dilaksanakan sebagai bahan evalusi dan hikmah bahwa ketika sesuatu telah diniatkan, dan Allah mengabulkan permintaan tersebut sebelum niat tertunaikan, maka apa yang diniatkan tersebut harus tetap dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Hikmah lain yang didapatkan dari pelaksanaan Salat Istisqa’ secara berjama’ah menurut Ustadz Slamet adalah pertolongan Allah itu datang ketika umat mau berjama’ah. “Mudah-mudahan dengan berkumpulnya ulama, umara dan masyarakat pada pelaksanaan Salat Istisqa’ ini, dengan kita sungguh-sungguh memohon ampun atas segala dosa-dosa kita kepada Allah SWT, menjadi pertanda bahwa Allah SWT akan mengabulkan do’a dan permohonan kita,”tutupnya. (arn)