Bawaslu NTB Instruksikan Jajarannya Awasi Kegiatan Kunjungan Anies Baswedan

0

Mataram (Suara NTB) – Bawaslu Provinsi NTB menginstruksikan kepada jajarannya di kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan kunjungan kandidat bakal calon Presiden 2024, Anies Baswedan ke sejumlah tempat di Provinsi NTB pada akhir Januari ini.

“Jadi perhatian untuk ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, berdasarkan informasi, pada tanggal 30 Januari, Bapak Anies Baswedan akan melakukan kegiatan di Provinsi NTB. Oleh karena itu diminta kepada teman-teman untuk melakukan pengawasan dalam setiap kegiatan tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi NTB, Itratip pada Jumat, 27 Januari 2023.

Dijelaskan Itratip bahwa pengawasan tersebut dilakukan pihaknya untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dalam kegiatan tersebut. Mengingat tahapan pemilu 2024 sudah mulai berjalan, sehingga setiap aktivitas-aktivitas politik harus tetap berada dalam pemantauan Bawaslu.

“Jadi kita hadir mengawasi karena Bawaslu harus memantau setiap aktivitas untuk menghimpun informasi sebagai bagian dari upaya pencegahan. Jadi kita hadir bukan semata-mata untuk mencari ada atau tidaknya pelanggaran. Tapi juga dalam rangka menghimpun informasi atau data untuk menilai proses yang dilakukan dalam penyelenggaraan itu,” jelasnya.

Menurut Itratip meskipun belum memasuki tahapan kampanye, dalam kunjungan Anies tersebut bukan berarti tidak ada potensi pelanggaran. Disebutkannya salah satu potensi terjadinya pelanggaran dalam kegiatan tersebut yakni adanya pihak-pihak yang dilarang undang-undang untuk berpolitik, tapi ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Jadi kami mengawasi tidak sekedar hanya mencegah terjadinya pelanggaran, kita ingin memastikan apakah materi yang disampaikan tidak ada unsur pelanggaran. Selain itu memastikan apakah ada atau tidak ada keterlibatan jajaran ASN, atau pihak-pihak yang dilarang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik, hadir disitu,” tegasnya.

Lebih-lebih dalam agenda kunjungan Anies tersebut ada beberapa kepala daerah yang akan ikut terlibat dan di sana terdapat potensi kalangan aparatur sipil negara ikut terlibat. Beberapa kepala daerah yang akan terlibat langsung dalam kedatangan Anies terdesain yakni, Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi yang bertindak sebagai Ketua panitia penyambutan kedatangan Anies, selanjutnya Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid yang akan menerima kunjungan Anies ke Lobar.

Sebelumnya, tekait rencana kunjungan Anies ke NTB tersebut, Rumaksi menyampaikan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke NTB selama dua hari, mulai dari tanggal 30-31 Januari ini. Diungkapkannya, beberapa agenda kunjungan Anies di Lombok yakni melakukan kunjungan ke Ponpes Yatopa Bodak Lombok Tengah, kemudian ke Lombok Timur dan juga melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat lintas Agama di Lombok Barat.

“Silaturahmi saja, jadi kita tidak sebut apa acaranya, yang jelas di sana itu nanti ada surprise tersendiri. Jadi ini tidak perlu kita sebut apa yang akan terjadi di sana (Yatopa Bodak),” jelasnya. (ndi)