Seleksi Calon Atlet Pra PON, PGI NTB Gelar Turnamen Golf

0

Mataram (Suara NTB) – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Golf Indonesia (PGI) Nusa Tenggara Barat menggelar turnamen golf sebagai ajang untuk menyeleksi para atlet golf potensial untuk dipersiapkan menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Juni 2023 di Jakarta.

Turnamen golf ini diselenggarakan di Lapangan Golf Sire, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu 28 Januari 2023 dan Minggu, 29 Januari 2023.

Ketua Pengprov PGI NTB, H. Khairul Warisin didampingi Ketua Panitia Pelaksana, I Made Agus Ariana, dan Sekretaris Panitia, Anis Mujahid Akbar di Mataram, Jumat, 27 Januari 2023 mengemukakan,, sebanyak 35 atlet dipastikan ikut ambil bagian pada turnamen golf yang pertama kali diselenggarakan sejak pelantikan pengurus PGI NTB pada 23 November 2022 lalu.

“Turnamen sekaligus seleksi atlet pra PON ini menjadi program pertama kita setelah dilantik dalam rangka menghadapi PON 2024 di Aceh dan Medan. Ini tentu menjadi perhatian kita terutama di golf ini,” ungkap Mantan Wakil Bupati Lombok Timur ini.

Menurutnya, seleksi atlet menuju Pra PON di Jakarta menjadi gambaran keseriusan pengurus baru PGI NTB. Seleksi ini diharapkan bisa menghasilkan atlet yang benar-benar mampu berprestasi di PON.

Khairul Warisin juga mengakui, potensi atlet golf di NTB cukup banyak. Hanya saja perlu pembinaan lebih lanjut dan mendapat dukungan dari semua pihak baik pemerintah, pengprov cabor, swasta maupun orang tua atlet.

“Kami ingin bagaimana melakukan pembinaan ini sekaligus kami buat turnamen tapi bagian dari seleksi. Nanti juga kami akan gelar turnamen umum pada bulan Februari untuk pembinaan mental mereka,” ungkap Khairul Warisin.

Ketua Panitia Pelaksana, I Made Agus Ariana menyebutkan, seleksi yang digelar nantinya di Lombok Utara dilaksanakan secara profesional seperti yang diberlakukan pada atlet golf berperstasi. Seluruh atlet mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan berjalan kaki tanpa menggunakan kendaraan golf untuk mengetahui konsistensi atlet.

“Kami memberlakukan aturan pada turnamen ini lebih khusus dari turnamen umum. Kalau umum masih bisa menggunakan golf car, kalau ini jalan kaki. Ini untuk mencari konsistensi dan ketahanan fisik atlet,” jelas Agus.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana, Anis Mujahid akbar mengatakan, dari 35 atlet yang ikut ambil bagian nanti akan diseleksi menjadi 8 orang. Dari 8 orang tersebut akan ditetapkan 4 orang untuk mewakili NTB pada Pra PON di Jakarta.

“Jadi nanti hasilnya dari seleksi ini ada 8 atlet, kemudian kami ingin lihat konsistensi mereka dari 8 ini sampai muncul 4 nama di akhir. Nah kalau sudah ada 4 nama ini kita akan bina maksimal menuju Pra PON,” jelasnya.

Pengprov PGI NTB sendiri pada tahun ini menargetkan bisa lolos PON 2024. Harapannya, golf NTB akan bisa mencatatkan namanya sebagai peraih medali emas pesta olahraga multicabor bergengsi tersebut. (bul)