Mahasiswa KKN Tematik Unram Bantu Kembangkan UMKM di Desa Sambik Bangkol

0

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa KKN Tematik Unram 2022-2023 di Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengusung tema KKN Desapreneur. Mahasiswa KKN Tematik Unram ingin mengusung pembuatan UMKM untuk meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat di Desa Sambik Bangkol.

Sebelum melaksanakan KKN, mahasiswa diberikan waktu untuk survei potensi-potensi yang ada di Desa Sambik Bangkol tersebut.

Pada saat survei pertama, Kepala Desa Sambik Bangkol Sajudin, S.Sos., menerangkan UMKM-UMKM yang ada di Desa Sambik Bangkol di antaranya ada UMKM Kopi Samba, Pisang Sale, Abon Ikan, dan lain-lain. Akan tetapi, UMKM yang masih beroprasi sampai saat ini di Desa Sambik Bangkol adalah UMKM Kopi Samba yang telah memiliki legalitas dan prasarana yang memadai.

Oleh karena itu mahasiswa KKN tematik unram yang diketuai oleh Zulkipli (Teknik Elektro) dan 9 anggotanya yakni Farizal Ramadhan (Pendidikan Matematika), Muhammad Fasihul Lisan (Farmasi), Daiyyan Bisri (Agribisnis), Nisa Wulandari (Biologi), Wiratul Aini (Bahasa Dan Sastra Indonesia), Asmara Yauma Putri F.D (Farmasi), Sonia Astuti (Peternakan), Mauly Rizki Andiniati (PGSD), Ni Nyoman Putri Utami (Teknik Informatika) mengambil program utama mereka di UMKM Kopi Samba.

Kopi Samba merupakan sebuah produk kopi lokal yang berasal dari Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga yang tercipta pada tanggal 9 Oktober 2018 pascagempa empat tahun silam.

Ketua KKN Unram, Zulkipli mengatakan, pada survei berikutnya, mahasiswa KKN Tematik Unram berkunjung ke rumah produksi Kopi Samba yang berada di Dusun Kopong Sebangun, Desa Sambik Bangkol guna melihat celah mana yang dapat dikembangkan di UMKM Kopi Samba tersebut. Mereka bertemu dengan ketua UMKM Kopi Samba yaitu Samsul Hadi dan melakukan perbincangan seputar program kerja serta UMKM Kopi Samba tersebut. Dari hasil diskusi akhirnya sepakat untuk mengembangkan inovasi kopi yaitu pembuatan produk Kopi Susu Gula Aren.

Desa Sambik Bangkol merupakan suatu wilayah yang sangat kaya hasil alamnya, khususnya kopi. Sangat disayangkan apabila hasil kopi ini tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar agar dapat menjadi desa maju dan mandiri. Mahasiswa KKN Tematik Unram Tahun 2022-2023 bermaksud untuk membuat UMKM Kopi Susu Gula Aren yang di mana nantinya akan membangun wirausaha masyarakat khususnya remaja yang ada di Desa Sambik Bangkol.

“Untuk membuat UMKM tidaklah segampang yang di pikirkan, Langkah awal yang di lakukan  Mahasiswa KKN Tematik Unram Tahun 2022-2023 yaitu melakukan sosialisasi tentang pemasaran produk dan packaging produk yang baik untuk mempercantik kemasan. Pada tanggal 30 Desember 2022 KKN tematik unram melakukan sosialisasi tersebut yang dibuka langsung oleh perwakilan kepala desa,” ujar Zulkipli.

Pada hari berikutnya tanggal 31 Desember 2022 Mahasiswa KKN Tematik Unram Tahun 2022-2023 melakukan pelatihan mengenai cara pembuatan Kopi Susu Gula Aren kepada kelompok yang dibuat tersebut, agar mereka mendapatkan ilmu dan resep cara pembuatan Kopi Susu Gula Aren dan yang nantinya mereka pergunakan pada saat pemasaran produk.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Desa Sambik Bangkol. Kepala Desa Sambik Bangkol Sajudin, S.Sos., mengapresiasi kegiatan ini dan sebagai mahasiswa harus membuat hal yang baru untuk Desa Sambik Bangkol.

Di samping itu dengan banyaknya dusun yang ada di Desa Sambik Bangkol yaitu 16 dusun di antaranya Dusun Luk Barat, Luk Timur, Jugil Timur, Jugil Barat, Beriri Jarak, Oman Telaga, Kelongkong, Sembaro, Sambik Bangkol, Pepanda, Kopong Sebangun, Senjajak, Gunung Borok, Nyiur Setinggi Dan Dusun Baru Saja Mekar Yaitu Dusun Luk Selatan Dan Luk Timur.

Ke 16 dusun tersebut memiliki potensi masing masing dalam berwirausaha, untuk itu Mahasiswa KKN Tematik Unram Tahun 2022-2023 memutuskan untuk mengambil perwakilan remaja yang ada di setiap dusun yang nantinya mereka akan meneruskan dan mengembangkan ilmu yang telah mereka dapatkan dari kelompok tersebut kepada dusun masing masing.

Mahasiswa KKN tematik unram tahun 2022-2023 Desa Sambik Bangkol dan kelompok UMKM Kopi Susu Gula Aren yang telah dibuat berencana untuk melakukan pemasaran produk Kopi Susu Gula Aren ini di daerah mereka terlebih dahulu, di samping itu Desa Sambik Bangkol sedang melakukan open turnamen sepak bola, mengambil peluang yang ada di depan mata mahasiswa KKN tersebut mengajak kelompok UMKM Kopi Susu Gula Aren melakukan pemasaran di acara tersebut.

“Untuk memasarkan produk mereka melakukan perizinan terlebih dahulu kepada kepala desa dan pihak penyelenggara kegiatan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kemudian mempersiapkan tempat penjualan dan perlengkapan yang lainnya untuk pemasaran produk. Pada tanggal 19 Januari 2023 mahasiswa KKN telah melakukan pendampingan pemasaran produk kopi susu gula aren dan harapannya membangun semangat berwirausaha dari remaja di Desa Sambik Bangkol,” ujar Zulkipli. (ron)