Golkar NTB Berduka Kehilangan Sosok Guru Politik Lalu Mesir Suryadi 

0

Mataram (Suara NTB)-Keluarga besar DPD Partai Golkar Provinsi NTB merasakan duka yang mendalam atas berpulangnya salah satu tokoh senior partai, yakni H. Lalu Mesir Suryadi yang meninggal dunia pada Kamis (26/1) pukul 18.25 WIB di Klinik Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten saat akan pulang ke Lombok.

“Kami seluruh keluarga besar Partai Golkar NTB berduka cita yang sangat mendalam, atas meninggalnya tokoh sentral, tokoh panutan, dan guru politik kami di Golkar NTB, Bapak H Lalu Mesir Suryadi,” ucap Sekretaris DPD Partai Golkar NTB, Lalu Satriawandi kepada Suara NTB, Kamis (26/1).

Dedikasi Mesir Suryadi dalam membesarkan Partai Golkar tak diragukan. Pada masanya saat menjabat sebagai Ketua DPD Golkar NTB, sepak terjangnya mendapat pengakuan besar dari DPP Golkar, karena berhasil menyelamatkan partai di tengah badai politik yang menghantam Golkar pada era reformasi tahun 1998-1999 silam.

“Dulu Golkar sampai mau dibubarkan, dihujat dimana-mana, namun pada saat itu di NTB, almarhum mampu pertahankan, bahkan juga memenangkan Partai Golkar. Itu kenapa kami sangat merasa kehilangan kader yang sangat luar biasa besar jasanya,” tutur Satriawandi.

Begitu juga dengan kecintaan Mesir Suryadi kepada Golkar diakui oleh seluruh kader sangat besar. Hal itu diperlihatkan hingga usianya yang sudah cukup sepuh, Mesir Suryadi selalu bersedia untuk tetap ikut terlibat dalam mengisi setiap dinamika perjalanan Partai Golkar NTB sampai baru-baru ini.

“Beliau pernah jadi Ketua DPD Golkar NTB, kemudian Ketua DPRD NTB dari Golkar, dan posisi terakhir beliau jadi Ketua Dewan Pertimbangan DPD. Almarhum sangat aktif sekali di partai, bahkan sampai sekarang masih di dewan pertimbangan,” sebutnya.

Hal-hal yang pernah beliau berikan kepada Golkar, akan menjadi inspirasi kami sebagai pengurus dan kader Partai Golkar NTB tentu akan terus berjuang untuk melanjutkan cita-cita besar almarhum untuk terus membesarkan partai,” sambung Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD NTB itu.

Ucapan duka cita juga disampaikan Wakil Ketua DPD Golkar NTB, yang juga Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda. “Kami atas nama seluruh kader Golkar dan selaku pimpinan anggota DPRD menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya, senior kami, tokoh politik panutan kami di Golkar,” ucap Isvie.

Dikatakan Isvie, sosok almarhum Mesir Suryadi merupakan salah satu tokoh Golkar yang memberikan pembelajaran bagaimana menjadi kader Golkar yang tetap konsisten, di tengah perubahan dinamika politik dalam perjalanan Partai Golkar selama ini.

“Beliau adalah orang yang konsisten, istiqomah berada di Partai Golkar apapun dinamika yang terjadi. Prinsip beliau patut kita contoh, beliau adalah guru politik kami di Golkar,” kata Isvie.

Mesir Suryadi sendiri lahir di Gelogor, Sakra, Lombok Timur, 17 Februari 1943 meninggalkan empat putra putri. Informasi sementara dari internal Golkar, almarhum akan dimakamkan pada Jumat, 27 Januari 2023. (ndi).