46 Kasus DBD Ditemukan, Program PSN Belum Maksimal

Dompu (Suara NTB) – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Dompu ditemukan sebanyak 46 kasus pada Januari 2023. Program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan Menutup, Menguras, Menguburkan (3M) diduga tidak berjalan, sehingga nyamuk Aedes Aegypty yang menyebarkan virus dengue berkembang biak.

“Kondisi ini membuat kita menerapkan sistem surveilan aktif. Kita mendorong teman – teman Puskesmas untuk mencari kasus sebanyak – banyaknya dan melakukan investigasi. Ketika ditemukan ada warga yang demam, langsung didorong untuk berobat agar bisa dideteksi DBD atau tidak,” kata Kepala bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Hj. Maria Ulfah, SST, M.Kes kepada Suara NTB, Selasa 24 Januari 2023.

Diakui Hj. Maria Ulfah, temuan 46 kasus DBD se Kabupaten Dompu ini terbanyak di kecamatan Dompu sebanyak 18 kasus dan diikuti Kecamatan Kilo sebanyak 11 kasus. “Laporan yang masuk ke kita, Huu ada 2 kasus,” kata Hj Ulfah.

Pada tahun 2022 lalu, kasus DBD tidak sampai ditetapkan menjadi kejadian luar biasa (KLB) dan tahun inipun diharapkan tidak terjadi. Namun saat ini menjadi siklus berkembangnya nyamuk DBD yang harus diwaspadai bersama. “Cuaca hujan dan beberapa saat lagi berhenti ini, menjadi siklus yang disukai nyamuk DBD. Karena air yang tertampung di wadah terbuka menjadi media berkembang biaknya nyamuk DBD,” ungkapnya.

Hj. Maria Ulfah pun mendorong, program Dompu Berjasa yang dicanangkan selama ini untuk benar – benar dilaksanakan dan tidak hanya dilouncing. Program jumat bersih inipun tidak hanya membersihkan rumput dan dedaunan yang jatuh, tapi diharapkan dapat membersihkan wadah yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

“Kita sudah memiliki program Dompu Berjasa. Program Jumat bersihnya jangan hanya rumput dan sampah yang dibersihkan, tapi tempat perindukan nyamuk juga harus dibersihkan,” harapnya.

Ia juga mengingatkan, pemberantasan nyamuk DBD tidak akan efektif dengan fogging. Fogging hanya memberantas nyamuk dewasa, tapi jentik nyamuk tetap berkembang biak. “Makanya dua hari setelah fogging, nyamuk akan kembali muncul ketika jentiknya tidak diberantas,” ingatnya. (ula)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...