Festival Hadroh Modern Digelar di Kota Santri Kediri

0

Giri Menang (Suara NTB) – Festival Hadroh Modern diadakan di Kota Santri Kediri Lombok Barat pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kegiatan ini digelar sebagai upaya membangun dan membentuk karakter islami. Diharapkan ke depan, kegiatan ini menjadi acara tahunan untuk memperkuat identitas Kediri sebagai kota Santri.

Festival Hadroh Modern diprakarsai Dewan Pengurus Kecamatan Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia yang bersinergi dengan pihak kecamatan Kediri. Camat Kediri, H. Iswarta Mahmuluddin, M.Pd., mengatakan, upaya menghidupkan kegiatan keagamaan seperti Festival Hadroh di kota santri sebagai salah satu wujud implementasi Program Sinergi Jaga Desa Dari Semrawut atau Si Gadis menuju Kediri lebih baik. Walaupun awalnya hanya dimaksudkan kecamatan Kediri, tapi kecamatan lain juga ikut serta.

“Kami sangat berharap semoga kegiatan-kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan dan bisa menjadi acara tahunan sehingga aroma Kota Santri bisa tercium semerbak dan karakter Islami sebagai suatu perolehan positif untuk semua,” harap camat Kediri ini.

Ketua Umum DPK BKPRMI, Hariri Ibn Rasyid mengatakan festival yang direncanakan hanya untuk wilayah Kecamatan Kediri, akan tetapi karena antusiasme dan respons positif semua pihak sehingga peserta yang mendaftar dari kecamatan lainpun diizinkan untuk mengikuti acara ini.

Selanjutnya Ketua DPD BKPRMI Lobar, Abdul Mutholib mengatakan pihaknya ingin lebih menggeliatkan gaung Kediri sebagai kota santri melalui acara-acara syiar keagamaan seperti festival ini, di samping melatih dan mengasah jiwa seni dari para remaja.

“Maka Festival Hadroh Modern ini sangat tepat untuk mengajak para remaja dalam ke arah pembentukan karakter Islami,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Mutholib juga menyampaikan bahwa acara ini akan terus dilakukan dan bahkan sampai tingkat kabupaten. Di samping Festival Hadroh, akan dilakukan juga kegiatan festival anak Sholeh.

Di lokasi yang sama, DPP BKPRMI, Nuansa Rombe, M.Pis., menyampaikan bahwa event ini dimaksudkan sebagai awal untuk membangun kader-kader atau generasi Qurani. Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk tim penyelenggara kegiatan yaitu DPK BKPRMI Kecamatan Kediri. “Apresiasi untuk temen-temen BKPRMI Kecamatan Kediri karna mampu melaksanakan Festival Hadroh Modern, sebagai event yang mengawali pembentukan generasi qurani” ungkapnya.

Festival Hadroh Modern yang diikuti 15 regu, dibuka secara resmi oleh Camat Kediri, H. Iswarta. Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Kediri, Danposramil Kediri, Jajaran Dewan Pengurus Pusat BKPRMI, Dewan Pengurus Daerah, dan Dewan Pengurus Kecamatan, beserta para peserta yang berjumlah sekitar 270 lebih orang. (her)