Sukses Gelar MXGP Samota, Ridwan Syah Raih Penghargaan dari Pemda Sumbawa

Mataram (Suara NTB) – Di momentum upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa yang ke 64 hari Minggu, 22 Januari 2023, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB Ir. H Ridwan Syah, M.Sc, MM, MTP mendapatkan penghargaan dari Pemda Sumbawa.

Ridwan Syah diberikan penghargaan atas keberhasilannya menyelenggarakan event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota yang berlangsung bulan Juni 2022 lalu. Saat itu ia menjadi Komandan Lapangan MXGP Samota yang bertanggung jawab secara umum untuk mensukseskan balap internasional tersebut.

Kepada Suara NTB, Ridwan Syah mengatakan, MXGP Samota telah terselenggara dengan sukses, tidak hanya  dalam penyelenggaraan, namun juga sukses dalam mempromosikan Samota dan Sumbawa kepada dunia.

“Penghargaan ini diberikan kepada saya dalam kapasitas saya sebagai komandan lapangan MXGP. Dinilai sukses, tak hanya sukses penyelenggaraan, namun juga sukses dalam rangka promosi Sumbawa dan Samota,” kata Ridwan Syah usai menerima penghargaan tersebut.

Ridwan Syah mengatakan, penyelenggaraan MXGP Samota juga telah mendorong pelibatan ribuan UMKM di Kabupaten Sumbawa. Sehingga perputaran uang saat berlangsungnya event mencapai puluhan miliar rupiah dan hal itu telah mendongkrak pendapatan masyarakat.

MXGP Samota 2022 yang merupakan seri ke 12 saat itu juga dinobatkan sebagai event MXGP terbaik di dunia oleh penyelenggara. Hal ini tentu menjadi modal dan motifasi untuk mensukseskan event ini di tahun 2023 yang akan terselenggara di Lombok dan Sumbawa.

“Tentu saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan ini. Namun sesungguhnya ini adalah kerja-kerja kolaboratif, kerja banyak pihak. Keberhasilan itu tak mungkin bisa dicapai tanpa dukungan Bapak Gubernur, Pak Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Sumbawa, para pelaku pariwisata dan tentu yang paling luar biasa adalah antusiasme masyarakat Sumbawa,” ujarnya.

Menurut data statistik yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, perputaran uang di gelaran MXGP Samota mencapai Rp154 miliar dan dihadiri oleh 55.000 penonton.

Kepala BPS NTB Wahyudin usai kegiatan MXGP Samota mengatakan, pendapatan dari sektor akomodasi dan konsumsi mencapai angka Rp35 miliar. Sementara dari sektor konstruksi, untuk area sirkuit pendapatan mencapai angka Rp34 miliar.

Dengan terlaksananya perhelatan MXGP, sektor pertanian pun ikut kecipratan, bahkan mendapatkan pendapatan sebesar Rp12 miliar.(ris)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...