Pastikan Ketersediaan Air Bersih Kawasan The Mandalika, ITDC NU Siapkan dari Dua Sumber

Praya (Suara NTB) – Ketersediaan air bersih menjadi salah satu elemen penting dalam rencananya pengembangan kawasan The Mandalika. Guna memastikan air bersih tetap terjaga, PT. ITDC Nusantara Utilitas selaku pengelola utilitas kawasan The Mandalika, telah menyiapkan dua sumber air bersih. Selain dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ada juga dari fasilitas Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), pengolahan air laut menjadi air bersih yang ada di dalam kawasan The Mandalika.

Direktur Utama PT. ITDC NU, A.A. Istri Ratna Dewi, kepada Suara NTB, akhir pekan kemarin, mengatakan untuk saat ini kebutuhan air bersih di dalam kawasan The Mandalika memang masih kecil. Antara 10 sampai 20 liter perdetik. Dan, itupun masih terlalu tinggi untuk saat ini.

Hal itu dikarenakan fasilitas yang membutuhkan pelayanan air bersih masih terbatas. Terutama hotel, jumlah kamar yang ada sekarang masih kurang dari 1.000 kamar. Sehingga belum begitu banyak kebutuhan air bersih. Kebutuhan air bersih meningkat kalau sedang ada event internasional. Semisal event World Superbike (WSBK) maupun MotoGP. “Kebutuhan air kita tinggi ketika ada event,” jelasnya.

Dalam hal penyediaan air  bersih, lanjutnya, pihaknya tidak hanya bergantung dari satu sumber saja. Itu untuk menjaga keandalan air bersih di kawasan. Untuk memastikan air bersih tetap tersedia. Karena kalau hanya dari satu sumber saja, ketika ada kasus pipa bocor atau pecah maka ada sumber lain yang menyiapkan. Sehingga air bersih di dalam kawasan tetap tersedia.

“Kalau pengelola hotel-hotel kan tidak bicara dari mana sumber air  bersih. Yang penting air bersih harus tetap ada. Itu yang utamanya. Sehingga ketersedian air  bersih memang jadi salah satu perhatian utama di kawasan The Mandalika,” imbuhnya.

Lebih lanjut Istri mengatakan kalau bicara kedepan, kebutuhan air bersih di kawasan The Mandalika cukup besar. Karena memang target untuk kamar hotel saja itu ada sekitar 10 ribu. Belum lagi kebutuhan air bersih bagi fasilitas lainnya. Sehingga penyiapan sumber-sumber air  bersih sejak saat ini penting dilakukan.

Untuk penambahan air, pihaknya juga sudah menjalani kesepakatan kerjasama dengan PDAM Praya. Terkait penyiapan air bersih yang  bersumber dari SPAM Mandalika. Hanya saja, untuk saat ini air bersih dari SPAM Mandalika belum bisa digunakan. Karena masih menunggu proses serah terima pengelolaan fasilitas tersebut dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

“Rapat terakhir kami dengan pihak PDAM sudah ditegaskan kita siap menerima tambahaan air bersih dari SPAM Mandalika. Untuk memenuhi kebutuhan air  bersih di kawasan The Mandalika. Mungkin saat ini belum, tetapi kedepan dukungan pemenuhan air bersih dari SPAM Mandalika sangat dibutuhkan,” tutupnya. (kir)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...