Kehadiran Partai NasDem dengan Gerakan Perubahan

Oleh: Dr. H. Umar Said, S.H., M.M.

(Ketua STIE AMM)

 

Menjelang pemilu tahun 2024 mendatang, kita melihat semua partai politik mulai berkemas-kemas menghadapi pesta demokrasi tersebut. Tampak partai politik yang paling intens membaca situasi ini adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai politik bermoto “Gerakan Perubahan” pimpinan Dr. (HC). Drs. H. Surya Dharma Paloh atau yang biasa akrab dikenal Surya Paloh. Adapun makna “perubahan” dimaksud menjadi pertanyaan dan jawaban kemudian.

Kita sadari bahwa ketika membicarakan partai politik, maka spesialisasi teknik sebagai hasil yang tidak dapat dihindari dari semua organisasi atau partai politik mendorong perlunya kepemimpinan ahli.

Hal tersebut adalah sebagai konsekuensi kekuatan untuk mengambil keputusan yang sangat perlu dipertimbangkan sebagai salah satu tanda khusus kepemimpinan, dan tentu secara bertahap kekuasaan itu ditarik dari massa untuk dikonstruksikan di tangan seorang pemimpin saja sebagai pelaksanaan dari kehendak bersama, sehingga partai yang demikian bersifat terbuka seperti halnya Partai NasDem dengan keterbukaannya, dia akan menerima segala masukan dan mengambil keputusan yang terbaik.

Demikian juga kalau kita telaah lebih dalam apakah diakui atau tidak bahwa organisasi atau partai politik cenderung ke arah oligarki. Kita maklumi bersama bahwa pada tingkat peradaban yang paling rendah seperti tirani, maka akan terlihat sangat dominan sekali adanya oligarki, dan menurut pendapat kami bahwa kehidupan demokrasi tidak akan terwujud selama kehidupan sosial tanpa oligarki. Sebab kemerdekaan dan hal-hal istimewa, khususnya hak berpartisipasi mengelola unsur-unsur umum pada partai yang semula dibatasi kepada beberapa orang saja.

Apakah demikian halnya juga berlaku pada Partai NasDem dengan moto gerakan perubahan, yang mengatakan akan membuka diri selebar-lebarnya partisipasi bagi setiap warga negara yang berkomitmen menjunjung tinggi nilai kebangsaan.

Oleh karenanya, kami mencoba mensitir pidato Ketua Imum Partai NasDem Bapak Surya Paloh pada acara deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal Capres 2024 di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, 3 Oktober 2022.

Antara lain dinyatakan bahwa terlalu mahal nilai persatuan dan kesatuan yang dimiliki bangsa Indonesia yang telah kita miliki sebagai bangsa bermartabat, apabila akan dirusak oleh satu golongan yang dikatakan absolut dipahami atau pikiran moderat.

Harus kita sadari bahwa apa yang kita miliki hari ini adalah karena masa lalu dan apa yang kita lakukan hari ini untuk masa yang akan datang, sehingga nilai persatuan dan kesatuan yang telah kita miliki adalah anugerah Tuhan yang Maha Esa. Oleh karenanya, Partai NasDem adalah partai terdepan sebagai garda yang menjaga dan mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan, kebangsaan tersebut, maka mari kita bangkit untuk menatap masa depan dengan tidak membedakan suku, agama, dan ras.

Dalam pembangunan dewasa ini Partai NasDem mendukung sepenuhnya kepemimpinan Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin sampai akhir masa jabatannya. Sedangkan dalam aspirasi politik Partai NasDem telah memiliki figur terbaik Anies Baswedan.

Kenapa harus Anies? Jawabannya “why not the best?” kata Surya Paloh, bahwa Anies dianggap mampu meneruskan pembangunan serta membangun karakter bangsa yang tangguh. Jadi menurut kami yang dimaksud gerakan perubahan oleh Partai NasDem pimpinan Surya Paloh adalah melanjutkan pembangunan yang telah berjalan baik dan melaksanakan pembangunan yang belum diselesaikan serta membangun karakter bangsa yang tangguh.

Sebagai catatan banyak bermunculan anggota masyarakat di NTB mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024 yang akan datang, mengingat gaya tarik magnet kepemimpinan Anies Baswedan yang besar. Seperti halnya yang terlihat di berbagai baliho yang tersebar di penjuru kota, tengah menampakkan sosok Bupati Lombok Barat sekaligus Ketua Dewan Pakar DPW NasDem, H. Fauzan Khalid, dan Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sjamsuddin sebagai ketua tim kunjungan Anies Baswedan bulan Januari ini, dan dosen STIE AMM Mataram, Dra. Hikmah, M.Pd. (*)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...