Berwisata ke Ranget, Merasakan Sensasi Mandi di Sumber Mata Air

Mata air Rangetyang terletak di DesaSesaot Kecamatan Narmada, Lombok Barat merupakan salah satu lokasi yang banyak didatangi, khususnya wisatawan lokal. Sebagian besar ingin mandi, terutama di pusat mata air yang dingin dan menyegarkan.

MATA Air Ranget, merupakan salah satu mata air yang dikelola PT. Air Minum Giri Menang seluas 1.658 meter persegi.Di dekat mata air ini, sudah ada Pura Ranget yang selalu ramai didatangi oleh umat Hindu saat Hari Besar Hindu. Begitu juga saat hari Sabtu atau hari libur nasional, lokasi ini menjadi favorit keluarga yang ingin mandi di sumber mata airnya.

Seperti saat Hari Libur Imlek, Minggu, 22 Januari 2023, sejak pagi hingga sore hari, lokasi ini cukup ramai didatangi wisatawan lokal yang kebanyakan liburan bersama keluarga. Bagi sebagian orang, Mata Air Ranget ini masih belum diketahui oleh banyak orang, termasuk warga Narmada sendiri.

Pengunjung yang baru datang harus membayar Rp5.000 sebagai pas masuk dan Rp5.000 untuk bayar parkir roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

Seperti yang diakui Reza, warga Lembuak Narmada yang baru mengetahui Mata Air Ranget ini saat sedang mencari rute baru untuk jalur bersepeda beberapa waktu lalu . Dirinya bersama goweser lainnya kemudian mencoba untuk singgah dan beristirahat di lokasi mata air ini.

Kemudian mandi langsung di sumber keluarnya mata air. Setelah mandi, tubuh menjadi segar untuk melanjutkan perjalanan kembali. Dibandingkan dengan beberapa tempat pemandian lainnya yang ada di Pulau Lombok, mandi langsung di sumber mata air sangat bagus.

“Ini di sumber airnya. Kita bisa langsung minum airnya, karena langsung keluar dari sumbernya,” ujarnya pada Suara NTB, Minggu, 22 Januari 2023.

Melihat keaslian air ini, kemudian dirinya mengajak anggota keluarga untuk mandi ke Ranget. Apalagi selama seharian penuh, bisa berwisata dan menikmati kesegaran air dan keasrian hutan Sesaot. “Bisa sambil minum kopi. Kemudian mandi lagi. Atau kalau mau pesan sate bulayakdan makanan lainya tinggal pesan saja,” ujarnya.

Meski demikian, ujarnya, jalan untuk menuju amta air ini masih belum bagus. Sekitar 300 meter setelah pemukiman warga, jalan dengan lebar 3 meter ini hanya cukup untuk 1 kendaraan. Belum lagi, jalannya yang dirabat menggunakan campuran semen dan pasir sudah banyak yang berlubang, sehingga para pengunjung yang datang ke tempat ini harus berhati-hati.

Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, Komang, warga Mataram. Menurutnya, dirinya bersama keluarga saat pergi sembahyang ke Pura Ranget, menyempatkan diri untuk mandi. Air yang masih alami membuat dirinya dan keluarga berusaha untuk mandi. Termasuk saat hari libur nasional seperti libur Imlek.

Begitu juga dengan Sri Murni, sangat menikmati mandi di tempat ini. Bahkan, menurutnya, dirinya bersama keluarga sengaja datang pagi -pagi agar bisa mandi sepuasnya.

Tidak hanya itu, ujarnya, saat datang pada pagi hari dirinya seakan memiliki kolam tersendiri. “Seperti punya kolam sendiri. Ada suami dan anak-anak yang mandi di tempat ini. Tapi kalau sudah siang, sudah banyak yang mandi,” selorohnya.  (ham)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...