Nonton WSBK 2023, Harga Tiket Diskon, Penonton Dapat Banyak Bonus

Mataram (Suara NTB) – Event World Superbike (WSBK) tahun 2023, tanggal 3-5 Maret di Pertamina Mandalika International Street Circuit akan digelar berbeda dibandingkan penyelenggaraan 2 tahun sebelumnya. Tahun ini, pemerintah dan penyelenggara WSBK, dalam hal ini Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan memberikan suatu yang berbeda pada penonton, baik penonton lokal atau mancanegara.

‘’Jadi WSBK pada tanggal 3 hingga 5 Maret mendatang, banyak sekali bonus-bonus yang didapat oleh penonton. Ketika membeli tiket nonton yang sudah didiskon 75 persen, tempat duduk di mana saja, mau di VIP, grand stand, itu wajib kita berikan bonus. Untuk apa bonusnya? Untuk bisa jogging di dalam sirkuit, bisa selfie. Bisa naik sepeda, bisa naik motor,’’ ungkap  Komandan Lapangan WSBK 2023 Jamaluddin, S.Sos., M.T.,  pada wartawan usai Salat Jumat di Masjid Hubbul Wathan Kompleks Islamic Center, Jumat, 20 Januari 2023.

Menurutnya, bonus ini diberikan pada penonton setelah selesai pagelaran WSBK, yakni pada hari Senin, 6 Januari 2023 hingga 3 hari ke depan. Sementara motor yang akan dinaiki oleh penonton yang sudah memiliki tiket tidak perlu membayar uang tambahan lagi. Dalam hal ini, penonton cukup menunjukkan bukti tiket pembelian, mereka bisa masuk dalam sirkuit dan mencoba motor yang sudah disediakan untuk menjajal Sirkuit Mandalika sekali putaran.

Kepala Dinas Pariwisata NTB ini menegaskan, jika panitia dan pemerintah ingin penonton bahagia dengan pagelaran event yang digelar di Sirkuit Mandalika.  Padahal, sekarang ini untuk bisa masuk ke areal sirkuit saat tidak ada event harus membayar. Untuk warga lokal harus membayar Rp130.000 dan warga negara asing sebesar Rp200.000, dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan pihak pengelola sirkuit. ‘’Besok, cukup hanya dengan membeli tiket grand stand dengan harga Rp50.000, bisa masuk sirkuit dan geber motor di dalam sirkuit,’’ terang mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ini.

Diakuinya, dengan adanya kebijakan yang diterapkan tiket-tiket di beberapa kelas cukup laris dibeli oleh korporasi atau pecinta motor balap dari seluruh Indonesia. Bahkan, ungkapnya, tiket untuk VIP Premier sudah ditutup penjualannya, karena semua tiket sudah habis terjual. Sementara di VIP Deluxe, dari laporan yang diterima hingga Kamis (19/1) masih tersisa 40 persen, karena harga per orang hanya Rp800 ribu. ‘’Kemarin waktu WSBK November 2022, harga tiket Rp10 juta didiskon 50 persen jadi Rp5 juta. Sekarang ini, jadi Rp800 ribu dan harga tiket VIP Premier tidak sampai Rp2 juta,’’ tambahnya.

Kebijakan ini, ungkapnya, dilakukan agar setelah pagelaran WSBK selesai, penonton tidak langsung kembali pulang ke daerah asalnya masing-masing, sehingga keramaian di pelabuhan udara dan laut bisa diminimalisir. Selain itu, kegiatan ini bertujuan memperpanjang masa tinggal wisatawan untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di daerah ini, baik di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. ‘’Mereka bisa memperpanjang masa tinggalnya di NTB, kemudian bisa berbelanja dan pada hari Minggu tidak crowded saat mereka pulang,’’ tambahnya.

 Menyinggung mengenai target penonton yang mencapai 70.000 hingga 75.000, Jamaluddin mengakui, merupakan target dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat peluncuran WSBK di Jakarta, 12 Januari lalu. Sementara Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah justru menargetkan 100.000 penonton. Menurutnya, tambahan 25.000 jumlah penonton ini bisa disiasati dengan mengerahkan siswa atau pelajar SMP/SMA/SMK di daerah ini untuk datang menonton.

Meski demikian, ujarnya, adanya target siswa yang datang menonton ini diharapkan harga tiketnya tidak sama dengan harga yang diberlakukan pihak panitia pada penonton umum lainnya. Setidaknya, ungkapnya, sesuai usulan gubernur, harga tiket bagi pelajar ini bisa lebih murah dan bisa dijangkau. ‘’Ya, kalau bisa harga tiketnya bisa Rp10.000 per siswa,’’ ujarnya.

Pada bagian lain, tambahnya, pihaknya melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) mengusulkan agar kementerian yang berada di bawah koordinasinya membuat edaran agar menggelar event Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) sebelum WSBK digelar di NTB.

Dalam hal ini, pihaknya siap menyiapkan lokasi-lokasi penyelenggaraan MICE, baik di hotel berbintang ataupun di desa wisata. Adanya MICE yang digelar ini, tambahnya, selain bisa meningkatkan kunjungan wisatawan juga bisa menikmati indahnya alam NTB sambil melakukan pertemuan. Apalagi NTB memiliki banyak objek wisata dan kuliner yang menarik, enak dan layak dikunjungi. (ham)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...