Difasilitasi ITDC NU, Nelayan Kawasan The Mandalika Kini Bisa Nikmati BBM Bersubsidi

0

Praya (Suara NTB) – Para nelayan dan petani di lingkar kawasan The Mandalika akhirnya kini bisa menikmati Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubdisi jenis solar. Setelah PT. ITDC Nusantara Utilitas (NU) yang merupakan anak perusahaan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan The Mandalika, berhasil mendapat izin serta kuota penyaluran BBM bersubdi jenis solar dari Pertamina. BBM bersubdisi tersebut pun sudah mulai disalurkan melalui SPBU The Mandalika 54.835.14 yang dikelola PT. ITDC NU, sejak Jumat, 20 Januari 2023.

“Jadi tahun 2023 ini kita dapat kuota penyaluran BBM bersubdisi dari Pertamina sebesar 2.989 kilo liter atau kalau dikoversikan sekitar 8 ribu kilo liter perhari,” ungkap Direktur Utama PT. ITDC NU, A.A. Istri Ratna Dewi, saat peluncurkan BBM bersubsidi, Jumat kemarin.

Dikatakannya, kuota BBM bersubdisi tersebut menjadi langkah awal bagi ITDC NU untuk membantu memenuhi kebutuhan BBM jenis solar khusus bagi masyarakat sekitar kawasan The Mandalika. Dan, karena itu BBM  bersubsidi tentu hanya yang berhak yang bisa memperoleh jatah BBM dengan harga terjangkau tersebut. Yakni para nelayan, petani dan pengusaha kecil sesuai kriteria dari pemerintah pusat.

“Penyaluran BBM bersubsidi ini merupakan terobosan baru yang berhasil dilakukan ITDC NU untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Sejalan dengan program pemerintah,  menyalurkan BBM bersubsidi secara tepat sasaran dan tepat guna,” imbuhnya.

Sehingga harapan pemerintah untuk mewujudkan kehadiran energi berkeadilan bagi masyarakat, khususnya di kawasan The Mandalika dan sekitarnya bisa tercapai. Semua itu juga tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pemerinrah di daerah ini. “Untuk memastikan BBM bersubdisi ini diterima oleh yang benar-benar berhak, maka dalam proses penyaluran kita melihatkan berbagai unsur. Termasuk pemerintah desa,” jelasnya.

Begitu juga dalam hal pengawasan, PT. ITDC NU melibatkan aparat berwajib dan elemen terkait lainnya. Karena bagaimana pun juga, BBM bersubdisi tersebut haruslah benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang berhak. Jadi bagi yang tidak berhak atas BBM bersubdisi ini jangan berharap untuk dapat jatah BBM bersubsidi ini.

“BBM bersubsidi ini diharapkan bisa memberikan manfaaat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar desa penyangga serta pengunjung di kawasan The Mandalika dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan maju,” tambah Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka.

Hal senada juga disampaikan Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., ditempat yang sama. Menurutnya, pemenuhan akan BBM bersubsidi yang murah dan terjangkau sangat diharapkan masyarakat di daerah ini. Khususnya lagi nelayan, pengusaha mikro serta petani di lingkar kawasan The Mandalika. Karena BBM merupakan salah satu faktor pendukung pergerakan ekonomi masyarakat di tingkat bawah.

“Dan atas nama masyarakat Loteng, kita menyampaikan apresiasi kepada ITDC dan anak perusahaannya yang telah mampu menyediakan BBM murah dan terjangkau bagi masyarakat di lingkar kawasan The Mandalika,” tutup Ketua DPD Partai Gerindra NTB ini. (kir)