Sekolah Fasilitasi Siswa Daftar SNBP

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah sekolah aktif memfasilitasi siswanya mendaftar dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) terutama yang terdekat yaitu pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Salah satu sekolah yang aktif memfasilitasi siswa untuk pendaftaran yaitu SMAN 4 Mataram yang melakukan sosialisasi program SNPMB pada Kamis, 9 Januari 2023.

Kepala SMAN 4 Mataram, Drs. Jauhari Khalid, M.Pd., melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 4 Mataram, Suryati pada Kamis, 19 Januari 2023 mengatakan, siswa eligible atau yang berhak mendaftar SNBP dari SMAN 4 Mataram sebanyak 40 persen dari jumlah siswa kelas XII dengan rincian 60 orang siswa IPA dan 64 orang siswa IPS. “SMAN 4 Mataram memfasilitasi siswa dalam SNPMB,” ujar Suryati.

Beberapa hal yang dilakukan pihaknya untuk mendukung siswa masuk ke perguruan tinggi negeri antara lain melakukan sosialisasi program SNPMB kepada seluruh siswa kelas XII. Pihaknya juga menyosialisasikan pembuatan akun.

“Kami memfasilitasi pembuatan akun dan pendaftaran, serta sosialisasi trik jitu pemilihan universitas dan jurusan oleh narasumber dari luar. Kami mengharapkan semua siswa sukses,” harap Suryati.

Dari ketentuan SNBP, kuota sekolah dihitung berdasarkan akreditasi sekolah dan jumlah siswa. Rinciannya sekolah dengan akreditasi A, siswa yang eligible atau bisa mengikuti SNBP yaitu 40% terbaik di sekolahnya. Akreditasi B yaitu 25% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C dan lainnya yaitu 5% terbaik di sekolahnya.

SNPMB terdiri dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi secara mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi berganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk tahun 2023. SNBP merupakan sistem baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang penilaiannya mengacu pada nilai rapor dan prestasi siswa. Namun tidak semua siswa di satu sekolah bisa mengikuti SNBP, karena setiap sekolah memiliki kuota siswa eligible berbeda, tergantung akreditasi masing-masing sekolah atau dikenal kuota sekolah.

Untuk jadwal SNBP, pengumuman kuota sekolah pada 28 Desember 2022, penutupan masa sanggah kuota sekolah pada 17 Januari 2023, penetapan siswa eligible untuk mengikuti SNBP 3 Januari – 8 Februari 2023. Pengisian PDSS pada 9 Januari – 9 Februari 2023.
Pembuatan akun SNPMB pada 16 Januari – 15 Februari 2023. Pendaftaran SNBP pada 14 – 28 Februari 2023. Pengumuman Hasil SNBP pada 28 Maret 2023. (ron)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...