Dugaan Pelecehan Seksual, Penyidik Siap Penuhi P19 Jaksa Peneliti

0

Mataram (Suara NTB) –  Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda NTB, terus berupaya melengkapi petunjuk dari jaksa peneliti dalam penanganan lanjutan terhadap kasus dugaan pelecehan seksual di Kabupaten Lombok Barat.

“P19 dari jaksa peneliti sudah kami terima dan saat ini kami tengah berupaya memenuhi petunjuk tersebut,” kata Wakil Direktur Reskrimum AKBP Ferri Jaya Satriansyah, kepada wartawan, Kamis 19 Januari 2023.

Dalam penanganan terhadap kasus ini kata dia, Polda NTB telah menetapkan satu orang tersangka berinisial IA (20). Saat ini tersangka juga sudah ditahan di Mapolda NTB untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. “Dia sudah kami tahan sejak 9 Desember 2022, kami juga tengah mengajukan perpanjangan masa penahanan hingga bulan Februari 2023,” ucapnya.

Dia menjelaskan, kasus ini ditangani berawal dari adanya laporan keluarga korban yang masuk pada tanggal 30 September 2022. Dalam laporan tersebut korban yang masih berusia 14 tahun tersebut menjadi korban pelecehan seksual sesama jenis yang dilakukan oleh tersangka. “Kejadianya terjadi sekitar bulan Agustus 2022 di asrama tempat korban bersekolah di wilayah Gunungsari,” jelasnya.

Tersangka yang nota bene sebagai ketua kamar tersebut melakukan perbuatan tersebut dengan menyasar para siswa yang baru masuk. Selain melakukan pelecehan, dia juga kerap melakukan kekerasan fisik terhadap para siswa yang tidak mau menuruti perintahnya. “Dia bukan guru di pondok tersebut melainkan hanya sebagai tenaga sukarela berdasarkan hasil keterangan pengurus pondok,” jelasnya. Seraya berharap berkas perkaranya bisa dinyatakan lengkap sehingga bisa segera disidangkan. (ils)