Warga Diminta Waspada, Fenomena Super New Moon Berpotensi Picu Banjir Rob

Mataram (Suara NTB)-Adanya fenomena ‘Super New Moon’ atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediski pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di sejumlah wilayah pesisir Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, ada 21 kawasan di Indonesia yang berpotensi terjadinya banjir rob akibat dari fenomena tersebut, mulai dari pesisir Aceh hingga pesisir Papua. Termasuk di antaranya pesisir wilayah NTB patut diwaspadai terjadinya banjir rob.

Potensi bajir pesisir atau banjir rob ini berbeda waktu, baik hari dan jam di tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta aktivitas tambak garam serta perikanan darat, kata Eko Prasetyo dalam siaran pers yang diterima Suara NTB, Rabu (18/1) kemarin.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui sejumlah kanal informasi yang disediakan.
Berdasarkan waktu potensi terjadinya banjir rob di wilayah NTB sebagai dampak dari ‘Super New Moon’ ini, wilayah pesisir NTB berpotensi akan mengalami banjir rob pada tanggal 18 – 24 Januari 2023.

Fenomena ‘Super New Moon’ adalah kebalikan dari bulan purnama dan menandai awal dari siklus bulan. Dikutip dari laman National Ocean Service Amerika Serikat, bulan baru terjadi ketika bumi, matahari, dan bulan hampir sejajar. Fenomena ini juga menyebabkan adanya tarikan gravitasi bulan ke bumi sehingga mengakibatkan kenaikan permukaan air laut.(ris)



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur...

0
Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat infrastruktur kepengurusan dan jaringan di berbagai wilayah Indonesia menuju Pemilu 2024.Hal ini ditandai dengan dilantiknya...

Latest Posts

Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

Surabaya (suarantb.com) -- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin memperkuat...

Aruna Senggigi Gelar Malam Apresiasi Pelanggan 2023

Giri Menang (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort &...

Tekan PMK, Pemprov NTB Targetkan 1,4 Juta Ternak Divaksin Tahun 2023 

Selong (suarantb.com)– Dalam rangka pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku...

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

Jakarta (suarantb.com)– Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam...

Mahasiswa KKN Unram Latih Warga Buat Kerupuk Berbahan Pisang

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat...