Ketua Senat Unizar Beberkan Syarat Raih Akreditasi Unggul

0
H. Sahar. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tugas senat sangat penting di perguruan tinggi. Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) memiliki struktur organisasi Senat Akademik. Ketua Senat Akademik Unizar periode 2022-2025 telah terpilih dan dilantik yakni Dr. Drs. H. Sahar, SH., MM. Ketua Senat, Rektor dan jajarannya menyusun rencana strategis melalui statuta, dan diharapkan Unizar mampu meraih akreditasi unggul pada 2027. Ia membeberkan syarat untuk meraih akreditasi unggul.

Ketua Senat, H. Sahar mengungkapkan, tugas pokok ketua senat bersama rektor dan jajarannya, yakni menyusun rencana strategis melalui statuta, kemudian memantau apakah renstra itu bisa dijalankan atau tidak. “Bila tidak bisa, apa kendalanya, kemudian melaporkannya kepada pihak Yayasan agar hal seperti ini tidak terulang lagi di tahun depannya,” jelasnya.

Di Unizar sudah memiliki statuta mulai tahun 2022 sampai tahun 2027. Di dalam statuta itu sudah tergambar dengan jelas apa yang akan dicapai setiap tahunnya. Sehingga harapan  bersama, Unizar di tahun 2027 sudah bisa terakreditasi Unggul.

Menurut Sahar, ada tiga poin prioritas agar bisa meraih akreditasi unggul. Pertama, sumber daya manusia dilihat dari tingkat pendidikan. Kedua, SDM dilihat dari jabatan fungsionalnya. Ketiga adalah jumlah mahasiswanya. “Kalau SDM-nya sudah doktor semua, kita bisa Unggul. Jadi, di Unizar ini perlu peningkatan kualitas SDM. Ketua Yayasan sangat merespons hal ini, dan Rektor pun sudah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang sudah memiliki program S3,” beber Sahar.

Sahar juga menginformasikan bahwa di Fakultas Ekonomi Unizar akan turun visitasi dalam rangka asesmen lapangan akreditasi dari LAMEMBA pada tanggal 17 Januari 2023. Dekan Fakultas Ekonomi Unizar periode 2015-2020 ini pun berharap hasil penilaiannya baik sekali dan bisa dipertahankan sampai sekitar lima tahun ke depan. Selanjutnya, diharapkan bisa unggul karena kualitas SDM sudah ditingkatkan dari S2 ke S3.

Terkait adaptasi di era digital, Wakil Rektor I Unizar periode 2020-2022 ini menyampaikan, Unizar harus siap mengikuti perkembangan era digital. “Banyak hal sudah online saat ini. Saya juga sudah mengusulkan, nanti di ruangan-ruangan pakai TV yang agak besar saja, tidak perlu pakai LCD lagi. Lebih sederhana, lebih praktis, dan lebih efisien juga,” ujarnya.

Ketua Senat juga mengharapkan dukungan dari semua pihak. Unizar harus kompak untuk mencapai akreditasi unggul. “Jangan ada yang lari terlalu cepat dan ada yang diam di tempat. Jangan pula saling mencari kesalahan orang lain. Jadi, kita harus maju bersama-sama. Seperti peribahasa, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” tutupnya.

Senat merupakan jembatan antara Pihak Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar dengan Pihak Universitas Islam Al-Azhar. Secara struktur, Organisasi Senat Akademik Unizar terdiri dari Ketua Senat Akademik, Sekretaris Senat Akademik, dan di bawahnya terdapat beberapa Komisi. Komisi I menangani Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Komisi II Bidang Keuangan, SDM, Administrasi, dan Umum. Yang terakhir, Komisi III membidangi LPPM, Humas, Kerjasama, Alumni, dan Pelaksanaan Teknis. (ron)