Perbaikan Gedung Setda KSB Telan Biaya Rp6 Miliar

0
Denny Saputra. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan akan diperbaiki tahun ini. Dan untuk menormalkan kembali kondisi bangunan yang diberi nama Graha Praja tersebut, Pemda KSB menyiapkan anggaran sebesar Rp6 miliar.

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda KSB, Mujiburrahman mengatakan,  biaya kegiatan perbaikan kantor Setda itu sudah dianggarkan melalui APBD murni tahun ini. “Anggarannya sudah siap. Jadi pengerjaannya bisa dimulai pada semester pertama ini,” katanya.

Untuk persiapannya, sementara ini tengah dilakukan review (peninjauan ulang) desainnya. Dan setelahnya kata Mujib akan langsung dilaksanakan proses tender pengadaannya. “Semua persiapan tendernya sebenarnya sudah selesai. Tapi masih perlu direview lagi desainnya setelah itu baru masuk tender,” sebutnya.

Dengan pagu anggaran sebesar Rp6 miliar itu. Gedung terbesar di lingkungan KTC tersebut akan diperbaiki secara menyeluruh. Seluruh bagian gedung dan  ruangan di tiap lantainya akan diservis agar seperti tampak seperti sedia kala lagi.

Mujib menyebutkan, perbaikan total itu juga akan sekaligus merombak beberapa bagian sekat ruangan. Hal itu untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan masing-masing jabatan dan bagian yang  berkantor di Setda selama ini. “Jadi partisi ruangannya akan ada perubahan makanya diperlukan desain yang baru tadi,” ujarnya.

Mujib kemudian memperkirakan, proses perbaikan gedung Setda nantinya akan dikerjakan per lantai. Dengan begitu aktivitas kantor pusat birokrasi KSB itu tidak akan terganggu selama pengerjaan. “Mungkin dimulai dari lantai atas dulu, baru turun dan terakhir lantai dasar yang diperbaiki,” paparnya.

Sebagai gambaran, kondisi bangunan gedung kantor Setda KSB memang sangat perlu segera diperbaiki total. Sejak beberapa tahun terakhir kerusakan beberapa bagian gedung yang berada tepat di belakang Graha Fitrah kantor bupati KSB itu sudah terjadi. Ada pun salah satu penyebabnya karena bocornya atap gedung dan rembesan air di tiap lantai yang tidak bisa benar-benar dibenahi meski telah beberapa kali dilakukan perbaikan skala kecil. (bug)