2.690 Peserta Ikuti CAT Seleksi PPS

0

Selong (Suara NTB) – Setelah dinyatakan lulus administrasi, sebanyak 2.690 peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum 2024 mengikuti proses seleksi lanjutan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tes melalui CAT ini digelar selama empat hari ke depan terhitung Senin sampai Kamis, tanggal 9-12 Januari 2023. Seleksi melalui metode CAT ini digelar di gedung SMKN 1 Selong.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) M. Junaidi kepada media mengatakan tes tulis melalui sistem komputerisasi ini diikuti rata-rata 720 peserta untuk tiga hari pertama. Selanjutnya  pada hari ke 4 diikuti 500 peserta.

Dr. Junaidi, menjelaskan tes PPS menggunakan metode CAT merupakan bentuk keterbukaan KPU Lombok Timur. Para peserta setelah selesai mengikuti tes dapat melihat secara langsung hasil tes.

Pada tahapan ini,  diberlakukan sistem  perangkingan. Tiga rangking tertinggi yang berhak mengisi kuota PPS masing-masing desa sesuai dengan kebutuhan KPU.

Disebut, jumlah kebutuhan KPU untuk anggota PPS Pemilu 2024 mendatang sebanyak 762 anggota PPS. Di mana, kebutuhan kuota PPS di 254 dikalikan 3. “Jadi kalau masing masing desa/kelurahan itu banyak PPS nya 3 orang, banyak desa kelurahan di Lombok Timur ini kan 254, sehingga itu jumlah yang dibutuhkan sekitar 762 peserta,” sebutnya.

Ditegaskannya, seleksi atau tes yang satu dengan yang lainnya tidak ada keterkaitannya. Setelah seleksi CAT, akan dilakukan tes wawancara. “Nilai tertinggi pada saat CAT bukan menjadi penentu dalam kelulusan pada tahap berikutnya, jadi hanya sebagai penentu untuk dapat mengikuti tes selanjutnya,” demikian Junaidi. (rus)